Hubungan Pelaksanaan Shalat Dhuha dan Dhuhur Berjamaah dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 4 Sleman
Abstract
Kejiwaan seseorang sangat dipengaruhi oleh hati, jika hati itu baik maka baik pulalah jiwanya dan begitupun sebaliknya. Maka salah satu untuk mendapatkan hati yang bersih dan jiwa yang tenang adalah dengan berdzikir. Berdzikir bisa dengan membaca Al-quran, melaksanakan shalat wajib maupun shalat sunnah. Ada hal yang tidak bisa dihilangkan dalam hidup seseorang ketika ingin mencapai hidup yang baik yaitu kecerdasan spiritual (SQ). Kecerdasan spiritual (SQ), sangat penting dibentuk dalam diri peserta didik, karena untuk menciptakan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia memerlukan kecerdasan spiritual yang cukup, supaya nanti peserta didik dapat menyeimbangkan antara kebutuhan rohani dan kebutuhan jasmaninya.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif guna untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Cluster-Proportional Random Sampling (pengambilan sampel secara acak atau perwakilan setiap kelompok) dengan total responden 48 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasi Product-Moment dari pearson dan dihitung dengan menggunakan SPSS 16 for windows.
Hasil penelitian Terdapat korelasi atau hubungan dari pelaksanaan shalat dhuha dan dhuhur berjamaah dengan kecerdasan spiritual siswa di MTs Negeri 4 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dari besarnya F hitung 0,366 dengan taraf signifikansi sebesar 0,005. Berdasarkan perhitungan diatas maka korelasi sebesar 0,366 dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya adanya korelasi yang nyata (signifikan) dari variabel (X) terhadap variabel (Y).
Collections
- Islamic Education [862]