Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Yeny Dyah Cahyaningrum, M.Med.Ed
dc.contributor.authorYanasta Yudo Pratama, 14711101
dc.date.accessioned2018-04-23T17:40:16Z
dc.date.available2018-04-23T17:40:16Z
dc.date.issued2018-04-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6907
dc.description.abstractLatar Belakang: Diperlukan beberapa cara untuk meningkatan prestasi belajar. Salah satu caranya yakni dengan metode pembelajaran peer tutoring. Dengan metode peer tutoring, mahasiswa dapat menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar mereka, sehingga materi-materi pembelajaran pada tutorial dapat dengan mudah dipahami. Dengan meningkatnya minat belajar mahasiswa, maka keberhasilan belajar mahasiswa akan tercapai. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode peer tutoring terhadap hasil keaktifan nilai tutorial. Tujuan Penelitian: Mengetahui adanya hubungan peer tutoring terhadap nilai keaktifan tutorial Blok Pada Anak pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UII Angkatan 2015. Metode Penelitian: Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental murni. Desain penelitian ini menggunakan posttest only with control design. Sejumlah 40 subjek penelitian berasal dari 2 kelompok berbeda. Perbandingan kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan adalah 1:1. Kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberikan peer tutoring dan kelompok perlakuan adalah kelompok yang diberikan peer tutoring. Analisis data menggunakan uji Independent T Test Hasil: Tidak terdapat perbedaan peningkatan nilai keaktifan tutorial skenario 6 pada kelompok kontrol maupun kelompok perlakuan dengan nilai p 0,704 dan interval CI 95% antara -9,79 hingga 4,79 (melewati nilai 0) Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan peer tutoring dengan nilai keaktifan tutorial blok Masalah Pada Anak pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Angkatan 2015en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeer Tutoringen_US
dc.subjectNilai Keaktifan Tutorialen_US
dc.subjectTutor Sebayaen_US
dc.titleHUBUNGAN PEER TUTORING DENGAN NILAI KEAKTIFAN TUTORIAL BLOK MASALAH PADA ANAK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2015en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record