Show simple item record

dc.contributor.advisorMi-ihhlul fauziah S.T, Ph.D
dc.contributor.authorFiky Apriyadi, 14511324
dc.date.accessioned2018-04-16T15:25:41Z
dc.date.available2018-04-16T15:25:41Z
dc.date.issued2018-04-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6493
dc.description.abstractJalan Diponegoro, Cilacap, Jawa Tengah merupakan jalur utama yang menghubungkan beberapa provinsi, kota dan kabupaten diwilayah selatan Jawa. Jalan tersebut banyak dilalui kendaraan berat muatan barang, sehingga berpotensi sering terjadi pelanggaran muatan berlebih. Muatan berlebih berpotensi berpengaruh terhadap kondisi perkerasan jalan yang telah direncanakan. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muatan berlebih pada kendaraan berat terhadap kondisi jalan, yaitu mencakup vehicle damage factor, umur rencana dan kebutuhan tebal perkerasan. Data yang digunakan menggunakan data sekunder berupa data berat kendaraan aktual dari jembatan timbang Wanareja, LHR, tebal perkerasan eksisting, dan umur rencana jalan dari P2JN, kemudian perhitungan presentase nilai VDF akibat muatan berlebih dan penurunan umur rencana menggunakan nilai vehicle damage factor metode AASHTO (1993), NAASRA (2004), dan Bina Marga (1987). Kemudian perhitungan kebutuhan tebal perkerasan dengan metode modifikasi AASHTO (1993). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan pengaruh muatan berlebih aktual kendaraan berat semakin besar persentase muatan berlebih yang terjadi dapat menurunkan umur rencana dan meningkatkan kebutuhan tebal perkerasan yang dibutuhkan. Dengan muatan berlebih aktual yang terjadi di Jalan Diponegoro, Cilacap diperoleh peningkatan nilai VDF kumulatif, berdasar metode Bina Marga (1987) sebesar 86,68%, berdasar metode NAASRA (2004) sebesar 81,57%, sedangkan dengan metode AASHTO (1993) sebesar 95,83%. Penurunan umur rencana akibat muatan berlebih aktual berdasar metode Bina Marga (1987) sebesar 4,137 tahun, berdasar metode NAASRA (2004) sebesar 3,954 tahun sedangkan dengan metode AASHTO (1993) sebesar 4,453 tahun. Kebutuhan tebal perkerasan akibat muatan berlebih aktual, berdasar metode Bina Marga (1987) diperoleh peningkatan 9,93% dari kondisi normal, berdasar metode NAASRA (2004) sebesar 9,41% sedangkan dengan metode AASHTO (1993) sebesar 10,69%. Pada simulasi persentase muatan berlebih diperoleh muatan berlebih 10% sudah berpengaruh terhadap kondisi jalan, diperoleh penurunan umur rencana 6 bulan dengan metode Bina Marga 1987, NAASRA (2004) dan AASHTO (1993). Kebutuhan tebal perkerasan meningkat sebesar 0,34 cm dengan nilai VDF Bina Marga (1987), dengan nilai VDF NAASRA 2004 sebesar 0,33 cm sedangkan dengan nilai VDF AASHTO (1993) sebesar 0,36 cm dari kondisi normal. Jalan Diponegoro, Cilacap, Central Java is the main route connecting several provinces, towns and districts in the southern region of Java, the road is heavily loaded by heavy vehicle cargo of goods, so potentially frequent violations of excess payload, excessive payload potentially affect the condition of paved roads that have been planned . Given these problems, this study aims to determine the effect of excessive load on heavy vehicles on road conditions, which include the vehicle damage factor, design life and the need for pavement thickness. The data used using secondary data are actual vehicle weight data from weighing bridge Wanareja, LHR, existing pavement thickness, and age of road plan from P2JN, then calculation percentage of VDF value due to overload and decrease of plan age using vehicle damage factor method AASHTO (1993 ), NAASRA (2004), and Bina Marga (1987). Then calculate the n eed of pavement thickness with AASHTO modification method (1993). The results of this study indicate that the overall effect of actual heavy loads of heavy vehicles the greater the percentage of excessive loads that occur can reduce the age of the plan and increase the need for thickness of pavement required. With the actual overload that occurred on Jalan Diponegoro, Cilacap obtained an increase in cumulative VDF value, based on Bina Marga method (1987) of 86.68%, based on NAASRA (2004) method of 81.57%, while with AASHTO (1993) method 95.83%. Decrease of plan age due to actual overload based on Bina Marga method (1987) is 4,137 years, based on NAASRA (2004) method 3,954 years while with AASHTO (1993) method 4,453 years. The need for thickness of the pavement due to actual overload, based on Bina Marga method (1987) obtained an increase of 9,93% from normal condition, based on method NAASRA (2004) equal to 9,41% while with AASHTO (1993) method equal to 10,69%. In the simulation of the percentage of overloaded load 10%, overloaded load has influenced the road condition, this data obtained by decreasing the age of 6 months plan with Bina Marga (1987) method, NAASRA (2004) and AASHTO (1993). The need for pavement thickness increased by 0.34 cm with VDF Bina Marga 1987, with a value of VDF NAASRA 2004 by 0.33 cm while the value of VDF AASHTO (1993) of 0.36 cm from normal conditions.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectMuatan Berlebihid
dc.subjectUmur Rencanaid
dc.subjectTebal Perkerasan Kakuid
dc.subjectAASHTO 1993en_US
dc.subjectNAASRA 2004en_US
dc.subjectBina Marga 1987en_US
dc.subjectOverloadingen_US
dc.subjectDesign Lifeen_US
dc.subjectrigid pavement thicknessen_US
dc.titlePENGARUH BEBAN BERLEBIH KENDARAAN BERAT TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN KAKU PADA JALAN DIPONEGORO, CILACAP (THE INFLUENCE OF HEAVY VEHICLE OVERLOAD ON RIGID PAVEMENT DESIGN LIFE OF DIPONEGORO ROAD, CILACAP)id
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record