Show simple item record

dc.contributor.advisorFaizul Chasanah, S.T., M.Sc
dc.contributor.authorAnnisa Octaria Aminy, 13511311
dc.date.accessioned2018-04-16T11:38:41Z
dc.date.available2018-04-16T11:38:41Z
dc.date.issued2018-04-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6472
dc.description.abstractBesar dan kecilnya jarak tergantung kepada waktu interval antar bagian depan kendaraan yang disebut juga dengan headway. Headway memiliki kegunaan penting dalam perencanaan dan analisis suatu sistem transportasi khususnya dalam penerapan teori arus lalu lintas. Oleh karena itu, penelitian tentang nilai dan model distribusi headway perlu dilakukan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengadakan studi mengenai analisis headway, antara lain menganalisis bentuk atau pola distribusi headway, menghitung besar nilai spacing dan headway sebagai parameter mikroskopis lalu lintas, dan menghitung kapasitas berdasarkan nilai headway yang telah diuji distribusinya. Pada penelitian ini diambil 2 lokasi yang dekat dengan titik kemacetan pada Kabupaten Sleman, yaitu Jalan Kaliurang km 6,5 dan Jalan Palagan Tentara Pelajar km 6,5. Tahapan pertama pada penelitian adalah melakukan survei volume lalu lintas untuk menentukan jam puncak, dilanjutkan dengan survei headway lalu lintas dan kecepatan pada jam puncak tersebut dengan menggunakan kamera video. Data-data tersebut dikumpulkan untuk analisis dalam mencari bentuk atau pola distribusi headway seluruh kendaraan, sepeda motor, dan kendaraan ringan pada lokasi dan waktu penelitian dengan menggunakan program EasyFit. Selain itu, dilakukan pula analisis untuk mencari nilai spacing dan kapasitas berdasarkan headway. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk atau pola distribusi headway yang paling sesuai pada Jalan Kaliurang km 6,5 dan Jalan Palagan Tentara Pelajar km 6,5 di Yogyakarta untuk seluruh jenis kendaraan, sepeda motor, dan kendaraan ringan berturut-turut adalah Lognormal, Lognormal, dan Log-Logistic. Kemudian diperoleh bahwa nilai spacing pada Jalan Kaliurang km 6,5.dan pada Jalan Palagan Tentara Pelajar km 6,5 lebih kecil daripada nilai spacing minimum pada Level of Service (LOS) E yang artinya menunjukkan arus lalu lintas berada pada Level of Service (LOS) F. Selain itu juga diperoleh bahwa kapasitas Jalan Kaliurang km 6,5 di hari libur sebesar 2551,02 smp/jam dan di hari kerja sebesar 2996,754 smp/jam, sedangkan kapasitas Jalan Palagan Tentara Pelajar km 6,5 di hari libur sebesar 2633,697 smp/jam, dan di hari kerja sebesar 2337,966 smp/jam. Big or small a space is depended on time interval between the front side of vehicle or it is also called headway. Headway has an important function in planning and analyzing a transportation system especially in application of traffic flow theory. Therefore, an experiment for researching about value and distribution models of headway is necessary to do. This research was supposed to create a study about headway analysis, such as analyzing model distribution, determining spacing and headway value as a microscopic traffic parameter, and determining capacity value based on tested headway distribution. In this research, 2 locations that are closed with traffic jam points were chosen in Sleman Regency, which are Kaliurang Street km 6,5 and Palagan Tentara Pelajar Street km 6,5. The first step was to survey the traffic volume to determine the peak hours, continued with headway and speed survey at those peak hours using a video camera. Datas were collected for analysis in searching for the form or pattern of headway distribution for all-type vehicles, motorcycles, and low vehicles in determined locations and times using EasyFit software. Another analysis was to count the spacing and capacity values based on headway. The result of this research showed that form or pattern of model distribution which are really fit for all-vehicle types, motorcycles, and low vehicles were Lognormal, Lognormal, and Log-Logistic. Then, it is obtained that the spacing values in Kaliurang Street km 6,5. and Palagan Tentara Pelajar Streen km 6,5 is smaller than minimum spacing value of Level of Service (LOS) E which means the traffic stream happened with Level of Service (LOS) F. Beside that, it was also obtained that capacity of Kaliurang Street km 6,5 in off-day is 2551,02 smp/hour and 2996,754 smp/hour in working-day, capacity of Palagan Tentara Pelajar Street km 6,5 in off-day is 2633,697 smp/hour, and 2337,966 smp/jam in working-day.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectHeadwayen_US
dc.subjectKapasitasid
dc.subjectModel distribusiid
dc.subjectSlemanid
dc.subjectSpacingen_US
dc.subjectVolumeen_US
dc.subjectCapacityen_US
dc.subjectDistribution modelen_US
dc.titleANALISIS DISTRIBUSI HEADWAY KENDARAAN PADA JALAN KALIURANG DAN JALAN PALAGAN TENTARA PELAJAR DI YOGYAKARTA (ANALYSIS OF VEHICLE HEADWAY DITRIBUTION ON KALIURANG STREET AND PALAGAN TENTARA PELAJAR STREET IN YOGYAKARTA)id
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record