Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Siti Achiria, S.E, M.M
dc.contributor.authorSepty Putriasih, 14423083
dc.date.accessioned2018-04-12T12:11:24Z
dc.date.available2018-04-12T12:11:24Z
dc.date.issued2018-04-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6407
dc.description.abstractBerbisnis merupakan salah satu kegiatan ekonomi dengan tujuan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Al-Ghazali berpendapat bahwa etika sangat perlu diterapkan dalam kegiatan bisnis. Dengan penerapan etika bisnis Islam dalam kegiatan bisnis bertujuan untuk menghindari kecurangan yang kemungkinan terjadi dan menyebabkan kerugian pihak-pihak didalamnya. Etika berbisnis dalam Islam diantaranya pemahaman bahwa dunia merupakan ladang amal di akhirat, selalu menerapkan nilai-nilai kebaikan moral, mengutamakan kemashlahatan (kesejahteraan sosial) serta menjauhi riba. Penelitian ini akan mengangkat fenomena dalam transaksi jual beli biji kopi yang dilakukan antara Koperasi Kebun Makmur dan petani kopi Sleman. Petani kopi di Sleman yang merupakan anggota Koperasi Kebun Makmur, sebagai supplier biji kopi yang akan diproses menjadi kopi siap konsumsi oleh koperasi apakah menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam perspektif Al-Ghazali pada para petani kopi anggota Koperasi Kebun Makmur. Penelitian ini menggunakan metode antropologi yaitu dengan memaparkan dan mendeskripsikan situasi dan kondisi masyarakat meliputi kondisi sosial dan keagamaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa para petani menerapkan etika bisnis perspektif Al-Ghazali di dalam kegiatannya bisnisnya diantaranya dengan tidak melupakan kewajiban sebagai muslim dengan melaksanakan sholat, selalu memperbaharui niat saat bertani, saling tolong-menolong sesama manusia khususnya dengan sesama para petani, serta meghindari perbuatan curang dan riba dengan hanya memetik kopi berwarna merah untuk disetorkan ke Koperasi Kebun Makmur tanpa mencampur kualitas dengan kopi yang masih berwarna hijau. Doing business is one of the economic activities with the aim of finding as many advantages. Al-Ghazali argues that ethics is very necessary to be applied in business activities. By embracing Islamic business ethics in business to avoid possible fraud and causing losses to parties within it. The ethics of doing business in Islam include the understanding that the world is a charity field in the afterlife, always applying the values of moral goodness, prioritizing mashlahah (social welfare) and away from usury. This research will raise phenomenon in buying and selling of coffee beans conducted between Makmur Cooperative and Sleman coffee farmers. Coffee farmers in Sleman who are members of Makmur Kebun Cooperative, as a supplier of coffee beans that will be processed into coffee ready for consumption by cooperatives whether to apply Islamic business ethics in its activities. The purpose of this study is to find out how the application of Islamic business ethics Al-Ghazali perspective on coffee farmers members of Kebun Makmur Cooperative. This research uses method of anthropology is by describing and describing the situation and condition of society including social and religious condition. The result of this research is that the farmers apply the business ethics of Al-Ghazali's perspective in its business activities such as not forgetting the obligation of Moslem by performing the prayer, always renewing the intention when farming, mutual helping fellow human especially with fellow farmers, also avoiding cheats and usury by picking red coffee to be supplyed to Kebun Makmur Cooperative without mixing the quality with coffee that is still green.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectEtikaid
dc.subjectBisnisid
dc.subjectAl-Ghazaliid
dc.subjectPetani Kopiid
dc.subjectEthicsen_US
dc.subjectBusinessen_US
dc.subjectAl-Ghazalien_US
dc.subjectCoffee Farmersen_US
dc.titlePENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI PADA PETANI KOPI DI KOPERASI KEBUN MAKMUR YOGYAKARTA The Application Of Islamic Business Ethics Based On Al-Ghazali Perspective On Coffee Farmers In Kebun Makmur Cooperative Yogyakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record