Show simple item record

dc.contributor.advisorFaizul Chasanah, S.T., M.Sc
dc.contributor.authorMartin Nugroho Widodo, 13511004
dc.date.accessioned2018-04-12T11:52:52Z
dc.date.available2018-04-12T11:52:52Z
dc.date.issued2018-04-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6406
dc.description.abstractJalan tol merupakan salah satu prasarana transportasi angkutan darat dikhususkan untuk kendaraan bersumbu dua atau lebih dan bertujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain. Jalan Tol Solo-Ngawi ruas Colomadu-Karanganyar telah selesai pembangunannya pada tahun 2017. Desain jalan tol tersebut menggunakan perkerasan kaku metode SKBI–2.3.28.1988. Terdapat banyak metode lain untuk mendesain tebal perkerasan kaku. Berdasarkan hal tersebut, perencanaan tebal perkerasan kaku existing perlu dievalusi dengan metode lain dan parameter pembanding. Tujuan penelitian untuk membandingkan tebal perkerasan existing dengan tebal perkerasan metode AASHTO 1993 dan Bina Marga 2002. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode komparatif (ex post fact) dengan kondisi existing. Data dikumpulkan berdasarkan data sekunder dari instansi terkait yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Surakarta, Dinas Perhubungan Surakarta, Badan Meteorologi Bandara Adi Soemarmo. Data yang dikumpulkan antara lain data Detail Engineering Design (DED), data lalu lintas, data hujan, data tanah, dan data beton. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode AASHTO 1993 dan metode Bina Marga 2002. Hasil penelitian pada studi kasus Tol Solo-Ngawi, ruas Colomadu-Karanganyar Sta. 1+ 100 sampai 2+ 100 dengan metode AASHTO 1993 didapat tebal pelat beton sebesar 28 cm, dan tebal pelat beton metode Bina Marga 2002 sebesar 27 cm. Sedangkan tebal pelat beton existing sebesar 29 cm, sehingga didapat selisih tebal pelat beton antara existing dengan metode AASHTO 1993 sebesar 1 cm, dengan metode Bina Marga selisih sebesar 2 cm. Selisih tebal pelat beton dari 3 metode tidak berbeda jauh dan telah memenuhi persyaratan minimum tebal pelat perkerasan kaku pada jalan tol. Hasil analisis tebal pelat yang berbeda dikarenakan adanya perbedaan parameter input yang digunakan oleh masing-masing metode. Perbedaan parameter input terdapat pada faktor keamanan beban dan jenis bahu jalan, serviceability, reliability, standar normal deviation, modulus elastisitas beton, koefisien drainase, koefisien transfer beban. Freeway was one of the land transportation infrastructure specialized for two or more wheelbase vehicles and aimed to shorten the distance and travel time from one place to another. The Solo-Ngawi freeway of Colomadu-Karanganyar section had now been completed using the method of SKBI-2.3.28.1988 in 2007. There were many other methods for designing rigid pavement thickness therefore, the SKBI-2.3.28.1988 method needed to be evaluated by other methods and comparator parameters. The objective of the study was to compare the existing pavement thickness using AASHTO 1993 and Bina Marga 2002 methods. The research method used was comparative method using existing condition. Data were collected based on secondary data from related institutions, namely the Ministry of Public Works Surakarta, Surakarta Transportation Agency, Adi Soemarmo Airport Meteorology Agency. The data collected were Detail Engineering Design (DED), traffic data, rain data, and soil data, concrete data. The data were then analyzed using the AASHTO 1993 method and Bina Marga 2002 method. The results showed that Solo-Ngawi highway, Colomadu-Karanganyar had Sta. 1+ 100 to 2+ 100 the thickness concrete slabs using AASHTO method 1993 is 28 cm. While the thickness of concrete plate measurement using Bina Marga 2002 method was equal to 27 cm. The thickness of the existing concrete plate was 29 cm, so the difference of thickness of existing concrete plate compared with AASHTO method 1993 equaled to 1 cm, whereas with method of Bina Marga equaled to 2 cm. The difference in the thickness of the concrete plates of the 3 methods did not vary much and had met the minimum requirements of thick rigid pavement plates on freeway. The different plate thickness analysis results were due to the different input parameters used by each method. The differences of input parameters were in load safety factors and shoulder type, serviceability, realibility, normal deviation standard, modulus elasticity of concrete, drainage coefficient, load transfer coefficient.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectAASHTO 1993id
dc.subjectBina Marga 2002id
dc.subjectPerkerasan Kakuid
dc.subjectAASHTO 1993id
dc.subjectBina Marga 2002id
dc.subjectRigid Pavementen_US
dc.titleEVALUASI TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN TOL COLOMADU-KARANGANYAR DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN METODE BINA MARGA 2002 (EVALUATION OF RIGID PAVEMENT THICKNESS ON THE COLOMADU-KARANGANYAR FREEWAY USING AASHTO 1993 METHOD AND BINA MARGA 2002 METHOD)id
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record