Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. R. Teduh Dirgahayu, ST., MSc
dc.contributor.authorFuaida Nabyla, 15917109
dc.date.accessioned2018-03-29T13:58:03Z
dc.date.available2018-03-29T13:58:03Z
dc.date.issued2018-01-31
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6262
dc.description.abstractDewasa ini seiring dengan perkembangan di dunia teknologi yang semakin pesat, teknologi informasi juga salah satu tool untuk membantu meningkatkan pelayanan bagi rumah sakit khususnya dalam layanan menunggu antrian poliklinik. Hasil observasi di RSUI Harapan Anda Tegal dengan menggunakan metode pengumpulan data dan wawancara dengan pihak pengelola Informasi Teknologi serta pengamatan terhadap penerapan sistem yang digunakan oleh rumah sakit terdapat masalahan dalam hal sistem pendaftaran dan antrian pada layanan poliklinik diantaranya tidak ada kejelasan nomor antrian pasien, tidak ada informasi yang terkait nomor antrian keberapa yang sedang dan akan dilayani dan tidak adanya integrasi data dari sistem pendaftaran, rekam medis dan layanan poliklinik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sistem pendaftaran dan antrian di rumah sakit pada layanan poliklinik. Metode yang digunakan adalah Design Science Research Methodology (DSRM). Hasilnya adalah prototype sistem pendaftaran dan antrian layanan poliklinik berbasis smartphone di RSUI Harapan Anda. Nowadays in line with developments in the world of technology increasingly rapidly, information technology is also one of the tools to help improve services for hospitals, especially in the waiting service poly clinic queue. The result of observation at RSUI Harapan Anda Tegal by using data collection method and interview with the manager of Information Technology and observation on the application of system used by the hospital there are problems in terms of registration system and queue in polyclinic service such as no clarity of patient queue number, no information related to the number of queues that are being and will be served and the absence of data integration from the registration system, medical records and polyclinic services. This study aims to improve and develop a system of registration and queuing at the hospital on polyclinic services. The method used is Design Science Research Methodology (DSRM). The result is a prototype registration system and queue of smartphone-based polyclinic services at RSUI Harapan Anda.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPrototype sistem antrianen_US
dc.subjectPendaftaranen_US
dc.subjectPrototype queuing systemen_US
dc.subjectRegistrationen_US
dc.titlePenelitian Desain pada Pengembangan Sistem Pendaftaran Pasien Layanan Poliklinik Menggunakan SmartPhone di RSUI Harapan Andaen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record