PERAN GURU PEMBINA OSIS ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 1 TELADAN YOGYAKARTA
Abstract
Peran pembina OSIS rohani Islam merupakan salah satu metode yang dapat dijadikan sebagai solusi atas permasalahan akhlak siswa apabila dilakukan pembinaan dengan baik. Keberhasilan pembinaan akhlak siswa dapat dilihat dari bagaimana peran aktif pembina kegiatan OSIS rohani Islam baik sebagai pemandu kegiatan, sebagai mentor kegiatan, dan juga sebagai penilai proses pengamalan akhlak siswa-siswinya. Dalam praktiknya peran pembina tersebut sudah menjalankan fungsinya dengan baik sehingga dalam proses pembinaan akhlak siswa dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran pelaksaan pembinaan akhlak siswa yang dilakukan pembina organisasi rohani Islam di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pembina kegiatan organisasi rohani Islam di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta berperan aktif menjalankan fungsinya sebagai berikut: (a) Pemandu kegiatan, pada tahap ini pembina menjalankan fungsinya sebagai pemandu jalannya kegiatan rohani Islam; (b) Mentor kegiatan, pada tahap ini pembina menjalankan fungsinya sebagai mentor atau pengisi kegiatan rohani Islam (c) Penilai proses pengamalan akhlak siswa, pada tahap ini pembina menjalankan fungsinya sebagai penilai aktifitas pengamalan akhlak siswa yang dilakukan sehari-hari di sekolah.