MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN BERWAWASAN IMAN DAN TAQWA DI MTsN WINDUSARI MAGELANG
Abstract
Faezatul Munawaroh.2018 Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
mengembangkan Lingkungan Berwawasan Iman Dan Taqwa Di MTsN Windusari
Magelang. Tesis, Program PascasarjanaFakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam
Indonesia Yogyakarta.Pembimbing Dr. Ahmad darmadji, M.Pd.
Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang besar untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional tersebut MTs Windusari Magelang dalam mengembangkan
lingkungan sekolah berwawasan iman dan taqwa sangat beragam dan memiliki ciri yang
khas. MTs Negeri Windusari Magelang merupakan lembaga pendidikan yang
mempunyai orientasi pendidikan masa depan, unggul dan peserta didiknya memiliki
prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik.Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan konsep, model dan strategi kepala MTs Negeri Windusari Magelang
dalam mengembangkan lingkungan sekolah berwawasan iman dan taqwa.Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus.Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan teknik
analisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif yang mengandung empat
komponen yang saling berkaitan,yaitu: pengumpulan data, penyederhanaan data,
pemaparan data, dan penarikan dan pengajuan simpulan. Pengecekan keabsahan temuan
dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas,
dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode sehingga diperoleh data yang
objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konsep lingkungan sekolahberwawasan
iman dan taqwa yang dikembangkan MTs Negeri Windusari Magelang. (2) bagaimana
model kepemimpinan kepala MTs Negeri Windusari Magelang dalam mengembangkan
lingkungan sekolah berwawasan iman dan taqwa yaitu menggunakan model
kepemimpinan demokratis. dan (3) apa saja strategi yang dipakai oleh kepala MTs Negeri
Windusari Magelang dalam mengembangkan lingkungan sekolah berwawasan iman dan
taqwa, yaitu: menciptakan suasana religius di lingkungan sekolah.