Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag
dc.contributor.authorMuhammad Fahmi Najib, 13913075
dc.date.accessioned2018-03-09T15:30:31Z
dc.date.available2018-03-09T15:30:31Z
dc.date.issued2018-02-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6064
dc.description.abstractPendidikan karakter tidak hanya terbatas pada kegiatan tatap muka antara guru dengan peserta didik di dalam kelas saja, namun dapat juga ditempuh melalui kegiatan-kegiatan di luar kelas yang semuanya bertujuan menanamkan nilai-nilai luhur yang dianjurkan oleh agama kepada peserta didik sehingga mereka memiliki sikap religius, disiplin, bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari. Obyek dari penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang yang merupakan salah satu madrasah aliyah Negeri yang berbasis pesantren, karena di dalamnya terdapat Pondok Pesantren Daarunnajah yang turut menunjang bagi pelaksanaan pendidikan bercirikan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berusaha menjelaskan nilai-nilai yang ditanamkan dalam pendidikan karakter bagi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang dan bagaimana cara penerapannya, informasi didapatkan dengan cara melakukan observasi secara langsung, melakukan wawancara dengan beberapa guru dan juga peserta didik, yang kemudian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif serta dianilisa secara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diinternalisasikan kepada peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang adalah nilai religius, tanggung jawab dan disiplin, adapun cara yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut adalah dengan kegiatan pembiasaan, pemberian tanggung jawab dan penegakan tata tertib, sehingga peserta didik benar-benar berkualitas dan memiliki akhlak yang mulia. Character education is not limited to only face-to-face activities between teachers and students in a classroom. Yet, it can also be done through outdoor activities whose aim is to internalize moral values, contained in religious teachings, to students so that they are religious, disciplined, and responsible in their daily life. The object of this research was Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang which is a state Islamic high school which is pesantren-based (boarding school) because it has Pondok Pesantren Daarunnajah which takes part in the implementation of education. This research used a qualitative approach and aimed to describe the values internalized in the character education for the students at Madrasah Aliyah (MAN) 1 Magelang and how it is applied. The data were obtained through direct observation, interview with some teachers and students. The data were then presented in descriptive analysis and analyzed in depth. The results of this research showed that the values internalized to the students at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang are religious values, responsibility and discipline. Those values are internalized by habituation, delegation of responsibility and enforcement of rules, so that the students become quality students and have a noble character.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.subjectmadrasahen_US
dc.subjectpesantrenen_US
dc.subjectcharacter educationen_US
dc.subjectmadrasahen_US
dc.subjectboarding schoolen_US
dc.titleMODEL PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA MADRASAH YANG BERBASIS PESANTREN DI MAN 1 MAGELANGen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record