PELAKSANAAN PROGRAM ANAK BERIMAN DAN BERKEPRIBADIAN MUSLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SD NEGERI KEBON GUNUNG KECAMATAN LOANO KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini berangkat dari sejumlah permasalahan kurangmya jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kebon Gunung,Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. Maka dari itu, pihak sekolah menyelengggarakan program anak beriman dan berkepribadian muslim. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan dampak program anak beriman dan berkepribadian muslim di SD Negeri Kebon Gunung Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu guru PAI di SD Negeri Kebon Gunung, Guru pembina anak beriman dan berkepribadian muslim, dan Kepala Sekolah SD Negeri Kebon Gunung, sedangkan objeknya yaitu implementasi program anak beriman dan berkepribadian muslim dalam pembentukan akhlak anak di SD Negeri Kebon Gunung Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. Analisis data dilakukan dengan model interaktif dari Miles dan Huberman yaitu, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam perencanaan Program Anak Beriman dan Berkepribadian muslim ini, dengan didasari 6 hal- hal (2) dampak dari pelaksanaan program anak beriman dan berkepribadian muslim yang dilaksanakan di SD Negeri Kebon gunung Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, tidak dapat dilihat secara langsung seperti halnya pada pelajaran – pelajaran yang lain dapat dilihat dampaknya dari segi kognitif (3) Pelaksanaan program anak beriman dan berkepribadian muslim dikatakan berhasil manakala siswa dapat memahami materi yang diberikan sekaligus dapat mengaktualisasikan pemahamannya tersebut dalam kehidupan sehari-hari