Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd
dc.contributor.authorAyu Yulia Setiawati, 15913204
dc.date.accessioned2018-03-07T12:49:07Z
dc.date.available2018-03-07T12:49:07Z
dc.date.issued2018-01-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6008
dc.description.abstractMAN 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang cukup terkenal dan unggul karena prestasi-prestasi yang telah diraihnya. Salah satu faktor keberhasilan itu adalah kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Banyak sekolah yang memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap namun masih kurang maksimal dalam pengelolaannya sehingga tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan manajemen sarana dan prasarana pendidikan untuk mengatasi hal ini. Dari latar belakang masalah tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MAN I Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 1 Yogyakarta dan menganalisis kendalanya. Penelitian yang dilakukan di MAN 1 Yogyakarta ini bersifat deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala bidang Sarana dan Prasarana, guru, dan siswa. Dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive. Data diperoleh melalui metode observasi , wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi dengan jenis triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis interaktif dari Milles dan Hubberman,yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MAN 1 Yogyakarta meliputi perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan. Langkah-langkah dalam perencanaan meliputi analisis kebutuhan, estimasi biaya, penetapan skala prioritas dan penyusunan rencana pengadaan. Sumber dana diperoleh dari DIPA dan komite. Kegiatan pengaturan meliputi inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan. Penggunaan sarana dan prasarana diatur oleh jadwal yang telah disusun untuk menghindari terjadinya benturan pemakaian. Proses penghapusan dilakukan untuk menghindari penumpukan barrang yang sudah tidak dapat dimanfaatkan. (2) Kendala yang dihadapi antara lain berkaitan dengan pembiayaan dan kesadaran siswa untuk memelihara sarana dan prasarana pendidikan yang ada.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmanajemen sarana dan prasarana pendidikanen_US
dc.subjectmutu pembelajaranen_US
dc.titleMANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 1 YOGYAKARTAen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record