Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Minat Pembelian Ulang Jasa pada Shoes and Care Boediman Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
layanan (service quality), kepuasan konsumen (customer satisfaction), serta minat
pembelian ulang pada Shoes and Care Boediman Yogyakarta. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua pengguna jasa di Shoes and Care Boediman Yogyakarta.
Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responnden. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan
sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau
anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel, karena hanya yang sudah pernah
menggunakan jasa pada Shoes and Care BoedimanYogyakarta. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer dengan instrumen penelitian berupa kuesioner
(angket penelitian). Analisis data penelitian ini adalah analisis jalur dengan teknik
regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini diperoleh besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen sebesar 49,4%, besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap
minat pembelian ulang sebesar 35,7%, besarnya pengaruh kepuasan konsumen
terhadap minat pembelian ulang sebesar 48,6%, besarnya pengaruh kualitas
pelayanan terhadap minat pembelian ulang melalui kepuasan konsumen sebesar 24%,
dan pengaruh total kualitas pelayanan terhadap minat pembelian ulang melalui
kepuasan konsumen adalah sebesar 59,7%. Dengan demikian, besarnya pengaruh
langsung kualitas pelayanan terhadap minat pembelian ulang setelah adanya
kepuasan konsumen meningkat. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Kualitas
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Shoes and Care
Boediman Yogyakarta; 2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat
pembelian ulang Shoes and Care Boediman Yogyakarta; 3) Kepuasan konsumen
berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang Shoes and Care Boediman
Yogyakarta; dan 4) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat
pembelian ulang konsumen melalui kepuasan konsumen pada Shoes and Care
Boediman Yogyakarta.
Collections
- Management [4527]