Show simple item record

dc.contributor.advisorFathul wahid, Ph.D
dc.contributor.authorImam Bukhori, 11917111
dc.date.accessioned2018-02-22T16:54:12Z
dc.date.available2018-02-22T16:54:12Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5811
dc.description.abstractMobile payment atau sering disebut m-payment merupakan alat pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan perangkat mobile. Mobile cash (Mocash) adalah salah satu fasilitas m-payment yang dapat diadopsi oleh semua kalangan usaha atau merchant. Hal ini juga diadopsi oleh kalangan usaha di wilayah kabupaten Pacitan. Dari 173 merchant yang sudah mengadopsi, namun 38% belum difungsikan di antaranya untuk melakukan transaksi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi m-payment dan dampak adopsi di kalangan merchant. Untuk menganalisis faktor karakteristik demografi (usia, pendapatan) dan karakteristik teknologi (manfaat, risiko, kenyamanan dan prospek) yang dilakukan terhadap 53 responden dengan analisis regresi linier berganda menggunakan metode Backward Elimination. Secara simultan berpengaruh tetapi secara parsial menghasilkan faktor manfaat, risiko dan kenyamanan dengan kontribusi sebesar 31% terhadap tingkat adopsi mocash, Hal ini juga berdampak terhadap peningkatan pendapatan dengan kontribusi sebesar 1,6 %. Mobile payment or often called m-payment is a means of payment that allows users to make payments by using mobile devices. Mobile cash (Mocash) is one of the m-payment facilities that can be adopted by all businesses or merchants. It is also adopted by businesses in Pacitan district. Of the 173 merchants who have already adopted, 38% have not yet functioned among them to make transactions. The study aims to determine the factors that influence the adoption of m-payment and the impact of adoption among merchants. To analyze the factors of demography characteristics (age, income) and technological characteristics (benefit, risk, convenience and prospect) conducted on 53 respondents with multiple linear regression analysis using Backward Elimination method. Simultaneously influenced but partially yielded benefit, risk and comfort factor with contribution of 31% to mocash adoption rate, this also impact on income increase with contribution of 1,6%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkenyamananen_US
dc.subjectmanfaaten_US
dc.subjectm-paymenten_US
dc.subjectprospeken_US
dc.subjectrisikoen_US
dc.subjectteknologi inovasien_US
dc.subjectbenefitsen_US
dc.subjectconvenienceen_US
dc.subjectmocashen_US
dc.subjectprospectsen_US
dc.subjectrisken_US
dc.subjecttechnology innovationen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN DAMPAK ADOPSI MOBILE PAYMENT DI KALANGAN MERCHANT (Studi kasus fasilitasi Mocash pada merchant di Kab.Pacitan)en_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record