Show simple item record

dc.contributor.advisorM. Ridwan Andi Purnomo, ST., MSc.,Ph.D Dr. Taufiq Immawan, ST. MM.
dc.contributor.authorRifai, 13916113
dc.date.accessioned2018-02-20T11:56:36Z
dc.date.available2018-02-20T11:56:36Z
dc.date.issued2018-01-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5662
dc.description.abstractLetak Banten yang strategis dekat dengan pusat perekonomian nasional memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian. Namun data yang diperoleh menurut kajian ekonomi dan keuangan regional Provinsi Banten pada triwulan III tahun 2015 hanya mencapai pangsa 2,6% sehingga sektor kepariwisataan belum menjadi sektor unggulan. Hal tersebut terkendala dalam komponen-komponen pendukung salah satunya industri kreatif bernuansa khas daerah setempat yang masih kurang dan belum berkembang. Salah satu industri kreatif yang mengangkat nilai kekhasan daerah Banten melalui cinderamata adalah Ore Bae (OB) yang berlandaskan social entrepreneurship. OB dirintis sejak pertengahan tahun 2013, namun hingga saat ini bisnis model yang dijalankan masih belum sesuai terhapat pendapatan yang diperoleh. Berdasarkan fenomena yang ditemukan dalam perusahaan OB ini, maka penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi model bisnis yang berjalan saat ini serta merancang model bisnis yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi secara langsung di gerai Souvenir dan Cinderamata Banten brand Ore Bae serta di UKM-UKM yang dinaunginya. Interview tersebut dilakukan dengan menggunakan panduan konsep SWOT yang dipadukan dengan bisnis model kanvas (BMC). Hasil observasi dan wawancara tersebut kemudian digunakan sebagai formula model bisnis sekarang yang selanjutnya akan digunakan untuk analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT tersebut kemudian digunakan sebagai dasar untuk perubahan model bisnis yang sekarang. Blue ocean strategy digunakan untuk mengeliminasi elemen-elemen model bisnis yang tidak sesuai dan menciptakan inovasi model bisnis terbaru. Konsep perbaikan terhadap model bisnis awal adalah dengan menambah desainer kostum sebagai segmen pelanggan baru, menghilangkan komponen harga murah pada proposisi nilai yang ditawarkan, menambah saluran distribusi produk di titik-titik tempat berpotensi dan memaksimalkan saluran yang sudah tersedia dengan menambahkan event Banten sebagai jasa periklanan. Hal tersebut didukung dengan penambahan sumber daya utama yang berkecimpung didalam IT support. Dalam menjalin hubungan terhadap pelanggan diperlukan pelayanan tambahan berupa personal assistance dan customer care. Inovasi dari model bisnis yang terbaru ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif penyelesaian masalah yang dihadapi oleh usaha souvenir dan cinderamata brand Ore Bae di Banten. Strategic location, near by national economic center, exposes Banten with positive vibe for its economic growth. Nevertheless, according to existing data, on the 3rd quarter in 2015, tourism sector only reached 2,6% of market share. Thus, it hasn’t been existed as featured sectors. It appears due to several reasons, one of them is supporting component for this cultural creative industry that still under-developed. One of the local creative industries that has purpose to promote the uniqueness value of Banten culture through local souvenirs is Ora Bae (OB). This business is built based on social entrepreneurship. OB was established in 2013. However, the designated business model, apparently do not consistent with the income. Referring to above problem, therefore this research is conducted to identify and evaluate the existing business model as well as to design appropriate one. This research is carried out by implementing direct observation in Ora Bae Souvenir Shop and several Small and Middle Enterprises (SMEs) under it. The interview is performed by using SWOT concept that integrated with Business Model Canvas (BMC). Later, the results of observation and interview are used as the current business model formula that will be employed for SWOT analysis. Its results will be applied as basic for determining the business model alternative. Blue Ocean Strategy is employed to eliminate elements of business model that are insignificant and to create innovation in the latest business model. The improvement conceptsare conducted by enhancing the numberscostume’s designersto anticipate new customers’ segmentation, neglecting low price components on offered price proposition, improving the products’ distribution channel on places that potentially could maximize the available channelsby participating in Banten events as advertising service. The improvements are also supported by resources in IT Support. In maintaining the relationship with customers, it is required additional services such as personal assistance and customer care. The innovation of this recent business model is expected to be the alternative for solution on problems that encountered by Ora Bae brand.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectsocial entrepreneurshipen_US
dc.subjectbisnis model kanvasen_US
dc.subjectanalisis SWOTen_US
dc.subjectblue ocean strategyen_US
dc.subjectcinderamataen_US
dc.subjectBusiness Model Canvasen_US
dc.subjectSWOT analysisen_US
dc.subjectBlue Ocean Strategyen_US
dc.subjectSouveniren_US
dc.titlePERANCANGAN MODEL BISNIS CINDERAMATA SEBAGAI IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIPen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record