Show simple item record

dc.contributor.advisorMuzayin Nazaruddin S.Sos., M.A.
dc.contributor.authorIman Pujo Pangestu, 12321027
dc.date.accessioned2018-02-19T14:58:02Z
dc.date.available2018-02-19T14:58:02Z
dc.date.issued2018-02-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5604
dc.description.abstractIklan adalah wadah untuk menginformasikan atau mengenalkan sebuah produk pada masyarakat luas. Peranan iklan sangatlah penting dimana iklan berfungsi sebagai wadah untuk menginformasikan produk kepada masyarakat. Melalui iklan khalayak mendapatkan informasi dari suatu produk. Iklan Extra Joss Blend Versi Aliando dan Mizone Versi Bantu Semangat Oke Lagi merupakan iklan yang memberi gambaran tentang representasi anak muda. Iklan kerap kali mengkonstruksikan realitas sosial dalam penayangannya. Kedua iklan tersebut mengkonstruksikan citra anak muda dalam menjalani aktivitas mereka. Dalam penelitian ini penulis ingin menjabarkan bagaimana kedua iklan tersebut merepresentasikan citra anak muda yang digambarkan melalaui pendekatan semiotika Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konstruksi representasi anak muda dalam iklan televisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitaian analisis teks, yang menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yang menurutnya memiliki beberapa konsep inti, yakni tanda, denotasi, konotasi dan mitos. Paradigma kontruktivisme dalam penelitian ini digunakan secara sistematis dalam menganalisis makna-makna yang terkandung dalam adegan yang terdapat pada iklan. Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian, berupa penggambaran anak muda mengenai gaya hidup mereka dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup anak muda dalam kedua iklan tersebut banyak ditampilkan melalui penokohan, hobi ataupun kegiatan, serta tempat bermain. Anak muda direpresentasikan sebagai kelompok masyarakat yang menganut budaya konsumerisme sebagai pemenuh gaya hidup. Gaya hidup anak muda dapat dilihat dari perilakunya yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya. Advertising is a container to inform or introduce a product to the wider community. The role of advertising is very important where advertising serves as a container to inform the product to the public. Through audience ads get information from a product. Advertisement of Extra Joss Blend Aliando version and Mizone Help the Spirit Okey Again version is an ad that gives an idea of the representation of youth. Ads often construct social realities in their views. Both ads construct the image of youth in their activities. In this study the authors want to describe how the two ads represent the image of youth are described through semiotics Roland Barthes approach. The purpose of this study is to explain the construction of youth representation in television advertisements. This research is a type of text analysis analysis, which uses Roland Barthes semiotics approach which according to him has some core concepts, namely signs, denotations, connotations and myths. The paradigm of constructivism in this study is used systematically in analyzing the meanings contained in the scene contained in the ad. The result of this studies, in the form of depiction of youth about their lifestyle in everyday life. Lifestyle of youth in both ads are displayed through many characterizations, hobbies or activities, and playground. Youth are represented as a group of people who embrace the culture of consumerism as a lifestyle fulfillment. Lifestyle of youth can be seen from the behavior shown in the activities, interests and opinions especially with regard to self-image to reflect their social status.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectRepresentasien_US
dc.subjectGaya Hidupen_US
dc.subjectAnak Mudaen_US
dc.subjectSemioticsen_US
dc.subjectAdvertisingen_US
dc.subjectRepresentationen_US
dc.subjectLifestyleen_US
dc.subjectYouthen_US
dc.titleREPRESENTASI ANAK MUDA DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotik Iklan Extra Joss Blend Versi Aliando dan Mizone Versi Bantu Semangat Oke Lagi)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record