Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Ridwan Andi Purnomo, S.T., M. Sc., Ph.D
dc.contributor.authorHermawati Kartini, 13522259
dc.date.accessioned2018-02-19T10:30:45Z
dc.date.available2018-02-19T10:30:45Z
dc.date.issued2018-01-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5563
dc.description.abstractBisnis eceran yang kini populer di sebut bisnis ritel, merupakan bisnis yang menghidupi banyak orang dan memberi banyak keuntungan bagi sementara orang lainya. Beberapa bisnis ritel di Indonesia diantaranya adalah Indomart, Alfamart, Yomart, Superindo, Hypermart, Carrefour, ADA swalayan dan lain sebagainya. Selain yang disebutkan tadi, masih banyak bisnis ritel lain yang masih berkembang, khususnya bisnis ritel yang memiliki ideologi khusus dalam bisnisnya seperti salmart, ummat mart (UMMAR), dan lainnya. Semakin ketatnya persaingan yang ada membuat peritel harus membuat strategi untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan keuntungan. Terlebih peritel baru yang memiliki ideologi Islam yang masih berusaha bersaing dengan peritel konvensional. De’Halal Mart merupakan bisnis halal ritel baru yang dibuka awal tahun 2017. De’Halal Mart memiliki prinsip islami di semua proses yang terjadi didalamnya. Mulai dari produk yang dijual hingga strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk memberikan alternatif pilihan strategi branding yang tepat dengan pendekatan Islamic Branding yang dapat dilakukan oleh De’Halal Mart dan tersusunnya bentuk brand canvas yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan De’Halal Mart sebagai salah satu wujud praktik Islamic Branding. metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan studi literature dan studi lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah alternatif strategi branding yang bisa dilakukan De’Halal Mart adalah Pengenalan melalui media sosial, Ikut dalam kegiatan sosial, Pengenalan melalui komunitas-komunitas, bangun kepercayaan dengan mitra bisnis, Tagline dan budaya unggulan yang dipasang di lokasi strategis, Pelayanan pada pelanggan, Seluruh karyawan mengetahui informasi terkait perusahan De'Halal Mart, Call center dan media sosial dalam menjawab pertanyaan, Buat program kreatif dan inovatif, terlebih pada pelanggan yang sudah sering datang, Penambahan fasilitas, Penawaran eksklusif bagi pelanggan. Serta tersusunnya brand canvas dengan 9 elemen, Elemen-elemennya terdiri dari goal, touchpoint, brand personality, brand tactics, core brand message yang terdiri dari beberapa sub-elemen yaitu audience, description, benefir, proof, payoff, dan brand essence. Elemen selanjutnya key values/company values, relationship, customer segments yang terdiri dari dua sub-elemen yaitu segmen utama dan segmen lanjutan. Elemen selanjutnya adalah benefits yang terdiri dari dua sub-elemen yaitu rational benefits dan emotionl benefits.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHalal Ritelen_US
dc.subjectStrategi Islamic Brandingen_US
dc.subjectBrand Canvasen_US
dc.titlePENYUSUNAN BRAND CANVAS DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC BRANDING PADA INDUSTRI HALAL RITEL STUDI KASUS: DE’HALAL MARTen_US
dc.typeUndergraduateThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record