Show simple item record

dc.contributor.advisorPrima Juanita Romadhona, S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorTsaqif Nur Ikhsan, 13511138
dc.date.accessioned2018-02-15T15:56:25Z
dc.date.available2018-02-15T15:56:25Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5553
dc.description.abstractRuas Jalan Affandi yang terletak di Kota Yogyakarta merupakan salah satu kawasan yang memiliki tingkat kegiatan perekonomian yang tinggi. Salah satu akibatnya adalah adanya parkir di badan jalan pada fasilitas putaran balik (U-turn) yang dapat menimbulkan konflik berupa kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan, panjang antrean, tundaan dan mengusulkan alternatif solusi perbaikan. Penelitian dilakukan dengan metode survei lapangan yang mencakup volume lalu lintas, karakteristik parkir di badan jalan, kecepatan kendaraan, driving behaviour, panjang antrean dan tundaan. Analisis menggunakan mikrosimulasi VISSIM yang mengacu pada Perencanaan Putaran Balik 06/BM/2005 dan tingkat kinerja ruas jalan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 96 Tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis VISSIM didapatkan kecepatan rata-rata kondisi eksisting sebesar 29,26 km/jam arah Utara ke Selatan dan 41,43 km/jam arah Selatan ke Utara dengan tingkat pelayanan E, panjang antrean rata-rata sebesar 22,23 meter dan tundaan rata-rata sebesar 13,66 detik. Dilakukan tiga alternatif solusi dengan cara melarang parkir di badan jalan pada area putaran balik. Alternatif I sepanjang lebar bukaan median itu sendiri, alternatif II sepanjang lebar bukaan median ditambah 5 meter tiap sisinya dan alternatif III sepanjang lebar bukaan median ditambah 10 meter tiap sisinya. Didapatkan alternatif terbaik yaitu alternatif III dengan persentase penurunan rata-rata dari kondisi eksisting VISSIM sebesar 27,84% untuk panjang antrean dan 46,53% untuk nilai tundaan sedangkan kecepatan kendaraan mengalami kenaikan dari kondisi eksisting VISSIM dengan persentase kenaikan kecepatan sebesar 38,54% arah Utara ke Selatan dengan tingkat pelayanan E dan 20,20% arah Selatan ke Utara dengan tingkat pelayanan D. Semakin bertambahnya daerah larangan parkir di badan jalan maka kinerja ruas jalan semakin baik. Affandi routes located in the city of Yogyakarta was an area with a high economic activity. A consequence was the presence of on-street parking at the turning facility (U-turn) caused a conflict in the form of congestion. This research was intended to determine the performance of the road segment, the length of the queue, delay and proposed alternative solutions for improvement. The research was conducted with field survey method including traffic volume, on-street parking characteristics, vehicle speed, driving behaviour, queue length and delay. The analysis was using VISSIM microsimulation refers to Reverse Planning 06/BM/2005 and the level of performance of road performance refers to the Minister of Transport Regulation number PM 96 of 2015. The result indicated that the average vehicle speed of the existing conditions VISSIM analysis was 29,26 km/hour for the North to South and 41,43 km/hour for the South to North with Level of Service E, the average queue length of 22,23 meters and the average delay time of 13,66 seconds. Three alternative repair solutions were implement prohibited parking facilities on-street at U-turn area. Alternative I along the width of the median opening itself, alternatif II over the width of the median opening plus 5 meters on each side and alternatif III over the width of the median opening plus 10 meters on each side. The best alternative that was alternative III with the average decrease from VISSIM existing condition with the percentage decrease of 27,84% for the queue length and 46,53% for the the delay value while the speed of the vehicle increases from VISSIM existing condition with the percentage increases of 38,54% for the North to South with Level of Service E and 20,20% for the South to North with Level of Service D. Increase parking ban in road body, so better road performance.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMikrosimulasien_US
dc.subjectParkiren_US
dc.subjectPutaran Baliken_US
dc.subjectVISSIMen_US
dc.subjectMicrosimulationen_US
dc.subjectParkingen_US
dc.subjectU-turnen_US
dc.titlePENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN PADA FASILITAS BUKAAN MEDIAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PERKOTAANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record