Show simple item record

dc.contributor.advisorFathul Wahid, Ph.D
dc.contributor.authorAhmad Iswandi, 13523227
dc.date.accessioned2018-02-13T12:57:00Z
dc.date.available2018-02-13T12:57:00Z
dc.date.issued2018-01-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5460
dc.description.abstractHDKreasi adalah salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang industri kerajinan dan percetakan. Beragam produk dibuat oleh UMKM ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di antaranya adalah paper bag, undangan, dan goodie bag. Saat ini, pengelolaan pesanan belum dilakukan secara maksimal, proses pendokumentasian pesanan masih kurang baik, pencatatan transaksi, produk dan pelanggan masih dilakukan secara manual yaitu dicatat di dalam buku catatan. Hal ini tentunya menimbulkan permasalahan terhadap usaha ini ketika suatu saat ingin mencari data pelanggan yang pernah bertransaksi dan produk apa saja yang pernah dibeli. Permasalahan lainnya yang dihadapi oleh usaha ini adalah semakin hari jumlah pelanggan yang ingin memesan produk atau sekedar bertanya mengenai produk serta pelanggan yang ingin melakukan tracking order (menanyakan sampai sejauh mana proggress produk yang dipesan) semakin banyak. Berdasarkan permasalahaan yang telah dijelaskan di atas, penulis mencoba untuk mengembangkan sebuah OMS (Order Management System) dan chatbot yang terintegerasi. Order Management System ini sendiri adalah sebuah sistem yang dapat membantu usaha ini untuk melakukan pengelolaan pesanan dengan pendokumentasian yang baik. Sedangkan chatbot sebagai salah satu media untuk pelanggan dapat berkomunikasi dengan usaha ini secara otomatis. Pengembangan chatbot sendiri menggunakan sebuah platform pesan singkat dari Facebook yaitu Messenger sebagai media utama untuk menjangkau pelanggan. Agar chatbot dapat memahami pertanyaan yang ditanyakan oleh pelanggan, penulis menggunakan sebuah platform NLP (Natural Language Processing) yaitu API. AI atau sekarang berganti nama menjadi DIALOGFLOW. Platform inilah yang nantinya akan melakukan pemahaman terhadap setiap pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan dan memetakan pertanyaan tersebut ke dalam sebuah intent atau maksud yang sudah penulis rancang di antaranya adalah penanganan percakapan untuk melakukan pesanan dan pemeriksaan pesanan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat sebuah sistem pengelolaan pesanan dan chatbot yang terintegrasi. Chatbot yang penulis buat mampu menjawab pertanyaan yang sesuai dengan tugas atau konteks yang telah penulis tentukan dan juga chatbot memiliki kemampuan untuk mengakuisisi informasi dari sistem pengelolaan pesanan yang dapat diberikan kepada pelangganen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectorder management systemen_US
dc.subjectchatboten_US
dc.subjectnlp platformen_US
dc.titleIMPLEMENTASI CHATBOT PADA ORDER MANAGEMENT SYSTEM USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDI KASUS HDKREASI)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record