ANALISIS NILAI PELANGGAN DAN IDENTIFIKASI MERK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA SOSIAL MEDIA
Abstract
Teknologi saat ini berkembang sangat cepat dan memiliki pengaruh sangat kuat. Banyak perusahaan sudah menggunakan teknologi sehingga orang pun bisa digantikan oleh teknologi. Selain itu teknologi memiliki banyak keunggulan dan salah satunya yaitu efektif dan efisien. Salah satu perubahan teknologi yang sangat cepat adalah penggunaan internet. Dan salah satu jenis akses yang berada di dalam internet yaitu sosial media. Sosial media saat tidak hanya berfungsi untuk kepentingan pribadi seperti memposting kegiatan sehari-hari, berinteraksi dengan orang lain, update lokasi jalan-jalan tetapi sosial media sudah memiliki fungsi yang melebar yaitu dapat memberikan informasi dengan cepat. Karena cepatnya informasi yang masuk melalui sosial media, maka orang-orang pun lebih sering menikmati dan menggunakannya daripada media informasi yang sudah lama disuguhkan dari koran maupun televisi. Dalam penilitian ini akan dibahas bagaimana pengaruh nilai pelanggan dan identifikasi merek terhadap loyalitas merek pada penggunaan sosial media.
Populasi penelitian adalah mereka yang menggunakan sosial media. Sampel yang dilibatkan adalah 200 responden dengan jenis teknik pengambilan simple random sample.. Variabel data dalam analisis ini adalah nilai fungsional, nilai emosional, nilai sosial dan identifikasi merek terhadap loyalitas merek. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS 16.0
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai fungsional, nilai emosional, nilai sosial dan identifikasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, selain itu identifikasi merek memiliki pengaruh paling besar kepada loyalitas merek dan nilai sosial memiliki pengaruh paling kecil kepada loyalitas merek
Collections
- Management [4527]