Show simple item record

dc.contributor.advisorHajar Dewantoro
dc.contributor.authorNursalim, Ali
dc.date.accessioned2018-01-18T14:57:04Z
dc.date.available2018-01-18T14:57:04Z
dc.date.issued2015-08-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5275
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tentang hubungan tingkat pendidikan orang tua dan kemampuan memahami emosi diri terhadap prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul”, yang memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul. 2) Hubungan antara kemampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. 3) Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dan kermampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Ini adalah sebuah penelitian kuantitatif dengan responden penelitian ini di fokuskan kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan orservasi, wawancara, dokumentasi dan angket, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional dengan regresi dua prediktor (ganda) Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara sendiri antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul dan memberikan yang berarti. Artinya semakin tinggi pendidikan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa namun demikian dimungkinkan ada orang tua berpendidikan rendah tetapi prestasi anak tinggi. 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara sendiri antara kemampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul dan memberikan sumbangan yang berarti. Artinya semakin tinggi kemampuan orang tua memahami emosi diri anak maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa namun demikian dimungkinkan ada orang tua memahami emosi dirinya rendah tetapi prestasi anak tinggi. 3) Secara bersamasama pendidikan orang tua dan kemampuan orang tua memahami emosi diri anak mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul. Artinya semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua dan kemampuan orang tua memahami emosi diri anak maka prestasi belajar juga semakin meningkat.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectPendidikan Orangtuaid
dc.subjectMemahami Emosi diriid
dc.subjectPrestasi Belajar Siswaid
dc.titleHubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kemampuan Memahami Emosi Diri Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Kabupaten Gunungkidulid
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record