dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tentang hubungan tingkat pendidikan
orang tua dan kemampuan memahami emosi diri terhadap prestasi belajar pada
siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul”, yang memiliki tujuan
untuk mengetahui 1) Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan
prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul.
2) Hubungan antara kemampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan
prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul
semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. 3) Hubungan antara tingkat pendidikan
orang tua dan kermampuan orang tua memahami emosi diri anak dengan prestasi
belajar pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul semester 2
tahun pelajaran 2014/2015.
Ini adalah sebuah penelitian kuantitatif dengan responden penelitian ini di
fokuskan kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Playen Gunungkidul
semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan
orservasi, wawancara, dokumentasi dan angket, teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis korelasional dengan regresi dua prediktor (ganda)
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat hubungan
yang positif dan signifikan secara sendiri antara tingkat pendidikan orang tua
dengan prestasi belajar siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul dan
memberikan yang berarti. Artinya semakin tinggi pendidikan orang tua maka
semakin tinggi pula prestasi belajar siswa namun demikian dimungkinkan ada
orang tua berpendidikan rendah tetapi prestasi anak tinggi. 2) Terdapat hubungan
yang positif dan signifikan secara sendiri antara kemampuan orang tua memahami
emosi diri anak dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Ibidaiyah Negeri
Playen Gunungkidul dan memberikan sumbangan yang berarti. Artinya semakin
tinggi kemampuan orang tua memahami emosi diri anak maka semakin tinggi
pula prestasi belajar siswa namun demikian dimungkinkan ada orang tua
memahami emosi dirinya rendah tetapi prestasi anak tinggi. 3) Secara bersamasama pendidikan orang tua dan kemampuan orang tua memahami emosi diri anak
mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa
Madrasah Ibidaiyah Negeri Playen Gunungkidul. Artinya semakin tinggi tingkat
pendidikan orang tua dan kemampuan orang tua memahami emosi diri anak maka
prestasi belajar juga semakin meningkat. | id |