Show simple item record

dc.contributor.advisordrg. Punik Mumpuni, M.Kes
dc.contributor.authorRanti Puspa Lestari
dc.date.accessioned2018-01-17T11:40:43Z
dc.date.available2018-01-17T11:40:43Z
dc.date.issued2012-12-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5211
dc.description.abstractLatar Belakang Penelitian :Rokok membawa dampak buruk bagi kesehatan individu yang menghisapnya secara langsung ataupun bagi individu lain yang ikut menghisap asap rokok. Saat ini kebiasaan merokokbukan hanya terdapat di kalangan orang dewasa, namun para remaja dan anak-anak.Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi sikap merokok, salah satunya adalah terpaan iklan rokok. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi para audiens yang menyaksikan iklan tersebut sehingga bersikap mendukung kegiatan merokok. Audiens bersikap positif mendukung rokok agar juga dianggap terlihat lebih menarik ataupun berkeinginan untuk membuat individu lain kagum terhadap dirinya. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui analisa sikap merokok dan terpaan iklan rokok di televisi pada siswa Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik, yaitu mengumpulkan data primer berupa wawancara dengan metode depth interview menggunakan guide interview yang meliputi pertanyaan tentang terpaan iklan dan sikap merokok. Subjek penelitian ini adalah siswa perokok aktif di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Variabel yang akan diteliti adalah terpaan iklan rokok dan sikap merokok. Hasil Penelitian : Dari 5 informan yang memenuhi syarat penelitian, didapatkan hasil 2 orang mulai merokok pada usia 11 tahun, 2 orang pada usia 12 tahun dan 1 orang pada usia 14 tahun. Semua informan tidak mengganti saluran televisi dan menyimak iklan sampai selesai dengan frekuensi rata-rata dua kali dalam sehari. Semua informan memahami isi iklan dan serius dalam memerhatikan walaupun sambil melakukan aktifitas lain. Semua informan juga tahu tentang bahaya merokok namun merasa bangga dan terdapat kesenangan tersendiri saat melakukannya dan mengaku akan terus merokok. Simpulan : Berdasarkan usia awal mulai merokok pada usia yang relatif muda. Berdasarkan lamanya individu menyaksikan iklan tidak mengganti saluran dan menyimak sampai akhir. Berdasarkan frekuensi individu melihat iklan minimal dua kali dalam sehari dan memahami isi iklan. Berdasarkan keseriusan individu melihat iklan dengan cukup serius walaupun sambil melakukan kegiatan yang lain. Berdasarkan komponen kognitif, afektif dan konatif tentang rokok individu paham tentang bahaya merokok namun bangga dan punya perasaan senang saat merokok dan mengaku akan tetap terus merokok.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titleAnalisis Sikap Merokok dan Terpaan Iklan Rokok Pada Siswa Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record