Gim Edukasi Sebagai Media Bantu Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar
Abstract
Gim edukasi merupakan salah satu sarana anak-anak mendapatkan pelajaran walaupun
mereka sedang berada diluar sekolah. Dengan menggunakan ketertarikan gim terhadap anak-
anak, gim dapat memberikan manfaat kepada pemainnya secara tidak langsung, seperti saat
sedang mengerjakan sesuatu terus-menerus dan berulang-ulang maka hal tersebut akan diingat
dan tertanam pada pemainnya, sama halnya dengan belajar matematika yang berawal dari tidak
biasa atau tidak tau menjadi terbiasa, padahal pelajaran matematika tersebut terkenal sulit dan
kurang diminati sebagian anak-anak. Penggunaan gim edukasi sebagai media belajar dapat
menjadi sebuah solusi untuk memudahkan belajar matematika, terlebih jika gim tersebut dapat
dimainkan dimanapun dan kapanpun saat ingin dimainkan, oleh karena itu perlunya ada gim
edukasi matematika yang membantu anak-anak sekolah dasar tersebut agar termotivasi untuk
belajar berhitung matematika. Dalam pembuatan gimnya dapat menggunakan metode Game
Development Life Cyle (GDLC) yaitu sebuah proses pengembangan gim dengan menggunakan
pendekatan iteratif yang didalamnya terdiri dari 6 tahapan yaitu Initiation, Pre-production,
Production, Testing, Beta, Release. Untuk mempelajari minat dan ketertarikan Anak-anak pada
gim yang akan dibuat dapat menggunakan pembandingan Dramatic Element yaitu aspek-aspek
penting yang ada pada gim.
Collections
- Informatics Engineering [2188]