Efektivitas Pelatihan “Sinau” untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Menurunkan Perilaku Perundungan di SMP AB Yogyakarta
Abstract
fenomena perundungan telah menjadi isu serius yang menciptakan dampak bagi
psikologis dan sosial khususnya pada lingkungan sekolah. Hal tersebut menjadi keprihatinan
tatkala pihak-pihak yang seharusnya bisa berperan penting dalam mencegah terjadinya
perundungan kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menangani permasalahan
perundungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan “sinau” pengetahuan
dan keterampilan guru dalam mengatasi perundungan di sekolah SMP. Partisipan penelitian ini
adalah guru yang mengajar di satu sekolah SMP AB yang memiliki skor pengetahuan dan
keterampilan perundungan rendah dan sedang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
experimental dengan desain “one group pre- and post-test design dengan bentuk time series”.
Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank untuk melihat perbedaan rata-rata skor
sebelum dengan rata-rata skor setelah diberikan pelatihan . Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan antara prates dan paskates dengan p<0.0,5. Hal tersebut
menunjukkan bahwa pelatihan “sinau” terbukti efektif meningkatkan pengetahuan dan
ketrampilan guru dalam mengatasi perilaku perundungan di sekolah.
Collections
- Master of Psychology [374]