Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhani, Desya Putri
dc.date.accessioned2024-07-08T03:22:44Z
dc.date.available2024-07-08T03:22:44Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50656
dc.description.abstractLatarBelakang : Kesalahpahaman antarprofesi kesehatan membutuhkan adanya pembelajaran yang terintegrasi berupa IPE. Studi mengenai persepsi IPE telah banyak dilakukan di berbagai negara. Sementara di Indonesia, penelitian tersebut hanya melibatkan responden dalam skala dan jumlah responden terbatas. Tujuan : Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak sebuah perlakuan berupa workshop terhadap persepsi pembelajaran IPE serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode : Penelitian ini menggunakan desain pengukuran berulang berdasarkan data sekunder pada mahasiswa perguruan tinggi kesehatan dan tenaga kesehatan melalui kegiatan workshop secara daring dengan rancangan one-group pretest & posttest design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner IEPS versi bahasa Indonesia dengan 13 item pertanyaan. Analisis data menggunakan uji t- berpasangan, uji t-independen, dan One-Way ANOVA, serta uji statistik deskriptif persentil. Hasil : Penelitian ini melibatkan 523 responden dengan mayoritas berjenis kelamin perempuan. Secara umum, terdapat perbedaan persepsi IPE yang signifikan (p<0.001) antara sebelum dan sesudah workshop. Sementara itu, faktor jenis kelamin dan status peserta menunjukkan (p>0.05) adalah tidak signifikan. Sebelum pembelajaran IPE, responden dari program studi magister memiliki persepsi paling tinggi. Terdapat peningkatan persepsi IPE dari 20,8% menjadi 29,1% saat mengikuti pretest dan posttest. Kesimpulan : Adanya peningkatan nilai rata-rata persepsi IPE sebesar 2,245. faktor jenis kelamin dan status peserta tidak berkontribusi signifikan.Responden dari program studisarjana memiliki persepsi paling baik. Terdapat 152 responden yang memiliki nilai persepsi IPE sangat tinggi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIPEen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectIEPSen_US
dc.subjectMahasiswa Perguruan Tinggi Kesehatanen_US
dc.subjectTenaga Kesehatanen_US
dc.titlePengaruh Workshop Terhadap Persepsi dalam melakukan IPE (Interprofessional Education): Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Kesehatan dan Tenaga Kesehatanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20613161


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record