Show simple item record

dc.contributor.authorGuritno, Suryo
dc.date.accessioned2024-07-01T02:07:15Z
dc.date.available2024-07-01T02:07:15Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/50612
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Siswa sering menganggap matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami. Kesulitan siswa dalam memahami materi matematika juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor di dalam dan di luar diri siswa, seperti kurangnya perhatian dari guru, kurangnya motivasi siswa untuk belajar matematika, serta kurangnya media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, media pembelajaran yang efektif sangat diperlukan agar dapat membantu siswa untuk tidak kesulitan, gampang bosan, dan malas dalam memahami materi matematika. Game edukasi merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membantu siswa dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar. Game edukasi ini bergenre petualangan dengan mengikuti alur cerita menghadapi berbagai tantangan dan teka-teki berupa latihan soal matematika untuk anak sekolah dasar. Metode yang dilakukan dalam pengembangan game edukasi ini menggunakan metode ADDIE. Metode ADDIE memberikan pendekatan sistematis dalam pengembangan game untuk pendidikan matematika yang mencakup analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi melalui tahap analisis, penulis dapat mengidentifikasi dengan jelas kebutuhan dan tujuan pembelajaran matematika yang ingin dicapai. Tahap desain, penulis merancang alur cerita, tantangan, dan elemen gameplay yang mendukung pembelajaran matematika secara efektif Selanjutnya, tahap pengembangan memungkinkan penulis untuk membuat game dengan menggunakan metode yang terstruktur. Tahap implementasi memungkinkan game ini diimplementasikan kepada siswa dengan strategi yang tepat. Terakhir, tahap evaluasi membantu penulis untuk mengevaluasi keberhasilan pembelajaran matematika yang dicapai melalui game edukasi yang dibuat. Pengujian Black Box yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang valid sehingga dapat dimainkan dengan lancar oleh siswa. Pada pengujian yang telah dilakukan dengan siswa kelas 3 SDN 2 Komet Banjarbaru diperoleh hasil rata-rata skor SUS 90.25 dan termasuk pada kategori Excellent, menunjukkan bahwa game yang dibuat dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari operasi dasar matematikaen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectGame Edukasien_US
dc.subjectPetualanganen_US
dc.subjectAddieen_US
dc.titlePengembangan Game Edukasi Petualangan Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523078


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record