Analisis Hubungan Sosiodemografi Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Batul Menggunakan Servqual
Abstract
Latar belakang: Rumah Sakit X adalah salah satu rumah sakit kelas D yang
terletak di Bantul. Rumah sakit ini merupakan fasilitas kesehatan rujukan tingkat
pertama yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Oleh karena itu, pelayanan
pada pasien BPJS rawat jalan Instalasi Farmasi di Rumah Sakit X Bantul menjadi
prioritas untuk dilakukan evaluasi.
Tujuan: Mengetahui kepuasan pada pasien BPJS Kesehatan pelayanan farmasi di Rumah Sakit X Bantul dan hubungan sosiodemografi terhadap kepuasan pelayanan pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit X Bantul.
Metode: Studi Observasional dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner servqual. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sebanyak 105 responden menggunakan analisis univariat dan bivariat.
I
Hasil: Nilai gap paling besar dan menempati urutan pertama terdapat pada dimensi tangible -0,60. Nilai gap terbesar kedua yaitu dimensi responsiveness sebesar gap -0,30, nilai gap terbesar ketiga dimensi reliability -0,29. Kemudian nilai gap urutan keempat dimensi assurance -0,17 dan peringkat kelima adalah empathy 0,03. Berdasarkan hasil uji statistik memberikan hasil nilai p-value sebesar jenis Kelamin 0,277, usia 0,736, pendidikan terakhir 0,322, pekerjaan 0,952, pendapatan/bulan 0,625.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di rumah sakit berdasarkan lima dimensi didapatkan hanya dimensi empathy yang dinyatakan puas, sementara 4 dimensi lain tangible, reliability, responsiveness, dan assurance belum puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pelayanan farmasi di rumah sakit. Tidak terdapat hubungan karakteristik sosiodemografi pasien terhadap tingkat kepuasan di pelayanan farmasi di rumah sakit.
Collections
- Pharmacy [1481]