Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Siti Achiria., S.E., M.M.
dc.contributor.authorSuhendri, Muhammad Hadi
dc.date.accessioned2018-01-03T15:13:53Z
dc.date.available2018-01-03T15:13:53Z
dc.date.issued2017-05-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5055
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya perkembangan toko modern khususnya gerai Indomaret yang sudah meresahkan pelaku UMKM. Hal ini terbukti dengan adanya penutupan secara paksa gerai Indomaret di Pasar Tajem Maguwoharjo Depok karena dinilai merugikan pelaku UMKM dan tidak memiliki surat izin usaha dari Pemerintah Daerah dan warga kampung setempat. Selain itu didirikannya gerai tersebut berdampingan dengan pasar tradisional sehingga merugikan pelaku UMKM. Setelah penutupan gerai Indomaret tersebut, didirikan lagi gerai Indomaret baru di jalan Tasura dan minimarket sejenis beberapa meter dari pasar tradisional. Tujuan yang hendak dicapai dengan adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak gerai Indomaret terhadap UMKM perspektif Etika Bisnis Islam. Desain penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Gerai Indomaret beserta Karyawan, Pelaku UMKM Maguwoharjo, Konsumen Indomaret, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan gerai Indomaret memiliki dampak negatif bagi pelaku UMKM terlebih toko tradisional yang juga menjual barang dagangan yang sejenis. Hal ini karena Indomaret lebih memiliki nilai plus dari segi tempat, display barang dan pelayanannya sehingga banyak konsumen yang beralih untuk berbelanja ke sana. Namun, dari sisi konsumen cenderung memiliki dampak positif karena kelengkapan barang yang dijual dan sistem beroperasi 24 jam sangat membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk menjaga eksistensi UMKM diperlukan pembinaan terhadap pelaku UMKM agar memiliki daya saing dengan toko berjejaring. Diperlukan juga kerjasama berupa mitra kerja antara gerai Indomaret dan pelaku UMKM, agar UMKM dapat terus berkembang berdampingan dengan franchise Indomaret.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectDampakid
dc.subjectFranchiseid
dc.subjectUMKMid
dc.subjectEtika Bisnis Islamid
dc.titleDampak Franchise Indomaret terhadap UMKM Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta)id
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record