Pengaruh Terapi Kelompok Suportif Terhadap Stres Pada Family Caregiver Skizofrenia
Abstract
Skizofrenia merupakan salah satu gangguan psikologis berat yang ditandai dengan adanya waham dan
halusinasi sehingga menyebabkan seseorang kehilangan fungsi vitalnya. Penderita skizofrenia
membutuhkan bantuan dari lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. Family caregiver skizofrenia
adalah anggota keluarga yang memiliki tanggungjawab merawat pasien skizofrenia dan memenuhi
kebutuhan mereka. Family caregiver memiliki peran yang signifikan dalam mengurangi frekuensi
kekambuhan pada penderita skizofrenia. Kondisi yang penuh tekanan serta banyaknya tanggungjawab
yang dipikul membuat family caregiver rentan terhadap stres. Penelitian ini bertujuan mengukur
efektivitas terapi kelompok suportif untuk meredakan stres pada family caregiver pasien skizofrenia.
Partisipan berjumlah 14 orang caregiver dari pihak keluarga pasien skizofrenia yang tinggal di
Yogyakarta. Terdapat dua kelompok pada penelitian ini yakni kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol yang masing-masing terdiri atas n=7 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini
untuk melihat intensitas stres caregiver adalah Kingstons Caregiver Stress Scale (KCSS) yang
dikembangkan oleh Kingston (2005). Modul yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan terapi
kelompok suportif menggunakan teori dasar Van Den Heuvel dkk. Terapi kelompok suportif ini
memuat tiga elemen yakni ekspresi emosi, menerima informasi dan belajar menggunakan strategi
koping. Terdapat tiga pertemuan yang dilaksanakan masing-masing kurang lebih berdurasi dua hingga
tiga jam. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa terapi kelompok suportif efektif
mengurangi stres pada caregiver skizofrenia. Hasil uji Beda dengan Wilcoxon Signed Rank
menunjukkan bahwa terdapat perubahan skor stres yang signifikan (p<0.05) dengan effect size
sebesar 0.7857. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa terapi kelompok suportif
terbukti efektif untuk menurunkan stres pada caregiver skizofrenia.
Collections
- Master of Psychology [374]