Show simple item record

dc.contributor.authorFarida, Baiq Nabila Zumaroh
dc.date.accessioned2024-06-26T07:47:11Z
dc.date.available2024-06-26T07:47:11Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/50428
dc.description.abstractLatar Belakang: Kuesioner Readiness for Interprofessional Learning Scale (RIPLS) digunakan untuk menilai kesiapan responden terhadap Interprofessional Education (IPE) yang didalamnya terdapat aspek-aspek penting dalam komponen kesiapan IPE. Di Indonesia, penelitian mengenai evaluasi properti psikometri kuesioner RIPLS versi bahasa Indonesia masih sangat jarang ditemukan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas properti psikometri RIPLS versi Bahasa Indonesia terkait validitas struktur/dimensionalitas skala dan kualitas reliabilitas skala. Metode: Penelitian survey ini dilakukan pada responden dari berbagai mahasiswa calon tenaga kesehatan dan profesi tenaga kesehatan dari berbagai institusi di Indonesia. Sebelumnya responden telah mengikuti workshop IPE dengan menghadirkan narasumber dari beberapa profesi tenaga kesehatan. Hasil: RIPLS versi Bahasa Indonesia dianalisis dengan Exploratory Factor Analysis (EFA) pada 18 item dan menghasilkan tiga struktur faktor yang menjelaskan 70,3% total variansi sedangkan analisis confirmatory factor analysis (CFA) menghasilkan model yang fit dengan nilai fit indeks yang memuaskan, nilai konsistensi internal keseluruhan RIPLS versi Bahasa Indonesia sebesar 0,846. Kesimpulan: Hasil menunjukkan bahwa RIPLS versi bahasa Indonesia merupakan kuesioner yang valid dan handal dalam mengukur kesiapan IPE di Indonesia. Pada penelitian selanjutnya perlu dilakukan perbaikan dalam penyusunan kalimat yang lebih psikometrik pada setiap item pertanyaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectValiditasen_US
dc.subjectReliabilitasen_US
dc.subjectReadiness for Interprofessional Learning Scale (Ripls),en_US
dc.subjectInterprofessional Education (Ipe)en_US
dc.titleEvaluasi Properti Psikometri (Validitas Dan Reliabilitas) Readiness For Interprofessional Learning Scale Dalam Versi Bahasa Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20613133


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record