Show simple item record

dc.contributor.authorRostika, Dinda Ayu
dc.date.accessioned2024-06-26T06:45:03Z
dc.date.available2024-06-26T06:45:03Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/50417
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) Kecerdasan emosional berkorelasi positif dengan pengambilan keputusan karir yang lebih efektif; (2) Prestasi belajar berkorelasi positif dengan pengambilan keputusan karir yang lebih efektif; (3) Kecerdasan emosional dan prestasi belajar secara bersama-sama berkorelasi positif dengan pengambilan keputusan karir. Teori utama yang digunakan mencakup teori efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir oleh Taylor & Betz (1983), serta teori kecerdasan emosional oleh Davies dkk. (2010). Subjek penelitian ini adalah 135 mahasiswa tingkat akhir, terdiri dari 43 laki-laki dan 92 perempuan. Data diperoleh menggunakan alat ukur Career Decision-Making Self-Efficacy Short Form (CDMSE-SF), sedangkan kecerdasan emosional diukur menggunakan Brief Emotional Intelligence Scale (BEIS-10) oleh Davies dkk. (2010). Metode analisis data yang digunakan melibatkan regresi linear berganda, uji signifikansi parsial, uji signifikansi simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan karir mahasiswa tingkat akhir dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kecerdasan emosional dan prestasi belajar. Sumbangan kecerdasan emosional terhadap variabel pengambilan keputusan karir menunjukkan bahwa sekitar 23.8% variasi dalam keputusan karir dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional. Prestasi belajar memberikan sumbangan sekitar 7.5% variasi dalam pengambilan keputusan karir.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengambilan Keputusan Kariren_US
dc.subjectEfikasi Dirien_US
dc.subjectMahasiswa Akhiren_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.titleEfikasi Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20320184


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record