dc.description.abstract | Keberhasilan pengawas dalam membimbing guru salah satunya terletak dari strategi yang digunakannya dalam kepengawasan. Guru yang telah lama mengajar justru mengalami penurunan kompetensi pedagogiknya dikarenakan semakin tua dan kurang bisa mengikuti perkembangan metode pengajaran modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) strategi pengawas PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI SMP di kecamatan Purwosari Gunungkidul, 2) kompetensi pedagogik guru PAI SMP di kecamatan Purwosari Gunungkidul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada seluruh SMP di kecamatan Purwosari dan kantor Pokjawas PAI Gunungkidul dengan waktu penelitian selama tiga bulan, sejak Januari sampai dengan Maret tahun 2017. Informan dalam penelitian ini adalah pengawas PAI yang membina di kecamatan Purwosari dan seluruh guru PAI SMP di kecamatan Purwosari. Peneliti mendapatkan data melalui wawancara mendalam, observasi pasif dan dengan mencermati dokumen yang diperlukan. Keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Kemudian dianalisa dengan model interaktif, dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama strategi yang digunakan pengawas dalam kepengawasan menggunakan pendekatan kolaboratif, sedangkan teknik yang digunakan adalah kunjungan kelas, percakapan pribadi, dan workshop dalam MGMP kecamatan. Kedua bahwa secara garis besar guru-guru PAI SMP di kecamatan Purwosari menguasai tujuh aspek dalam kompetensi pedagogik terbukti dari mereka merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran sampai evaluasi dan tindak lanjut. | id |