dc.description.abstract | Setiap kegiatan yang mengarah kepada kebaikan pasti menghadapi permasalahan atau hambatan begitu pula dengan kepengawasan dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pelaksanaan kepengawasan PAI dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru PAI SMA di Kota Samarinda, 2) permasalahan yang dihadapi pengawas dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru PAI SMA di Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada kantor Pokjawas PAI Kota Samarinda dan SMA di Kota Samarinda dengan waktu penelitian selama tiga bulan. Informan dalam penelitian ini adalah pengawas dan guru PAI SMA di Kota Samarinda. Peneliti mendapatkan data melalui wawancara in-depth interview, observasi pasif dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama pelaksanaan kepengawasan di Kota Samarinda belum maksimal. Karena kegiatan kepengawasan masih hanya sekedar pengecekan adminitrasi belajar mengajar. Pendekatan yang digunakan dalam pengawasan juga masih menggunakan pendekatan lansung dan tidak langsung. Sedangkan teknik – teknik yang digunakan yaitu teknik individual dengan percakapan pribadi dan observasi kelas sedangkan teknik kelompoknya dengan teknik tukar menukar pengalaman. Kedua permasalahan pengawas dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru PAI SMA di Kota Samarinda adalah (a) kurangnya pelatihan bagi pengawas, (b) adanya guru yang mengajar dibanyak sekolah dan guru honor, (c) mindset guru senior dan guru PAI Dikbud yang kurang baik terhadap pengawas, (d) masalah jarak sekolahan yang menjadi binaan pengawas. | id |