Show simple item record

dc.contributor.authorViandrina, Meitarisha
dc.date.accessioned2024-06-25T03:23:54Z
dc.date.available2024-06-25T03:23:54Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50302
dc.description.abstractKepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Hal ini berkaitan dengan bagaimana perusahaan mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan lalu dikirim sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. PT. Yamaha Indonesia adalah perusahaan manufaktur penghasil piano. Dalam menjalankan produksinya, perusahaan ini menggunakan sistem PSI (Plan Sales Inventory) dengan output yang dihasilkan adalah persentase on time rate yang sesuai dengan aktual produksi yang dijalankan. Perhitungan on time rate dilakukan oleh tiap departemen salah satunya adalah departemen assembly grand piano. Adanya perhitungan ini tentu akan berdampak pada produktivitas yang dihasilkan. Persentase on time rate pada departemen ini cukup krusial terlebih departemen ini adalah departemen sebelum dilakukannya pengemasan. Dalam data yang diperoleh pada Bulan Oktober hingga Desember 2023 didapatkan penurunan persentase on time rate pada departemen ini dimana pada Oktober sebesar 98,6% dan pada Desember 2023 turun menjadi 74,88%. Hal ini membuat departemen assembly grand piano tidak dapat mencapai target on time rate yang ditentukan oleh perusahaan yaitu sebesar 80%. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis penyebab turunnya persentase on time rate khususnya pada bulan Desember agar hal ini tidak terjadi pada bulan-bulan selanjutnya. Analisis dilakukan dengan mencari akar penyebab terjadinya permasalahan dengan Root Cause Analysis. Alat yang digunakan adalah diagram fishbone, Failure Mode and Effect Analysis, dan Fault Tree Analysis.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKepuasan Pelangganen_US
dc.subjectOn Time Rateen_US
dc.subjectProduktivitasen_US
dc.subjectRoot Cause Analysisen_US
dc.subjectFishboneen_US
dc.subjectFMEAen_US
dc.subjectFTAen_US
dc.titleAnalisis Penyebab Penurunan Persentase on Time Rate Departemen Assembly Grand Piano Terhadap Produktivitas dengan menggunakan Metode Fault Tree Analysis (Studi Kasus : PT. Yamaha Indonesia)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20522044


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record