Pelatihan Study No Worry Sebagai Upaya Meningkatkan Penyesuaian Diri Mahasiswa Kembali Ke Pembelajaran Tatap Muka
Abstract
Kembali ke era pembelajaran tatap muka setelah kurang lebih dua tahun menjalani
pembelajaran online, bukanlah hal yang mudah. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka
memunculkan dinamika pada mahasiswa, dimana mahasiswa harus menyesuaikan diri
pada kebiasaan yang selama ini dijalankan secara online dan kini beralih kepada offline.
Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam situasi belajar, mahasiswa
membutuhkan kemampuan regulasi diri. Keterampilan bagaimana cara belajar yang
mencakup pemahaman tentang kemampuan berpikir, proses berpikir dan motivasi diri
disebut self-regulated learning (SRL). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas
pelatihan SRL sebagai upaya meningkatkan penyesuaian diri mahasiswa pada
pembelajaran tatap muka yang dilakukan kembali setelah lama belajar secara daring.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah partisipan sebanyak 12
orang, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala SRL dan skala penyesuaian
2
diri. Hasil dari analisis data menggunakan uji Mann Whitney U Test pada kelompok
eksperimen menunjukkan bahwa pelatihan SRL dapat meningkatkan penyesuaian diri
mahasiswa pada masa transisi.
Collections
- Psychology [2270]