Peningkatan Minat Belajar Pai Siswa Kelas Iv Melalui Implementasi Metode Role Playing Di Sd Negeri Hargowilis Tahun Akademik 2023/2024 Kabupaten Kulon Progo
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas IV yang kurang minat dalam
pembelajaran PAI, ketika pembelajaran berlangsung siswa tidak memperhatikan
pelajaran, selalu membuat kegaduhan di dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut,
peneliti menerapkan metode role playing dengan tujuan untuk meningkatkan
pengetahuan siswa supaya mempunyai kesempatan untuk mengembangkan
kemampuan dalam bermain peran dan dapat menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari, khususnya siswa kelas IV SD Negeri Hargowilis. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri Hargowilis Kabupaten Kulon Progo dan difokuskan
pada peningkatan minat belajar PAI siswa kelas IV. Penelitian ini melibatkan
Kepala Sekolah, Guru kelas IV sejak dilakukan (1) percakapan awal, (2)
perencanaan, (3) pelaksanaan Tindakan, (4) observasi, (5) refleksi dan (6) evaluasi
dan revisi. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas berdasarkan Pra
survei minat belajar PAI siswa rendah, terbukti bahwa peserta didik kurang
berminat dalam pembelajaran PAI. Pengumpulan data menggunakan lembar
observasi, dan dokumentasi. Hasil dari Implementasi metode pembelajaran Role
Playing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah materi Nabi
Muhammad membangun kota Madinah untuk meningkatkan Minat Belajar peserta
didik kelas IV SD Negeri Hargowilis Kulon Progo. Rata-rata mengenai aktivitas
siswa diperoleh melalui lembar observasi yang dianalisis secara kualitatif dengan
membandingkan kondisi aktivitas siswa dalam belajar sebelum dan sesudah
dilakukan Tindakan. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat disimpulkan bahwa
implementasi metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan keterlibatan
siswa secara aktif dan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil untuk meningkatkan
minat belajar peserta didik.