Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran PAI Kelas 5 di SD N Jumeneng Mlati
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan
motivasi belajar yang kurang siswa kelas 5 hal itu ditunjukkan dengan siswa mengalami
kesulitan menyelesaikan masalah yang diberikan guru, siswa hanya menyelesaikan
masalah dengan pengetahuan dicontohkan guru. Untuk meningkatkan motivasi belajar
dan kemampuan berpikir kreatif para siswanya, SD N Jumeneng Mlati menerapkan model
problem based learning sebagai model pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin
menguji secara empiris model PBL mempunyai efektivitas dalam pembelajaran dikelas.
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menguji efektivitas penerapan model PBL
dalam meningkakan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran PAI
kelas 5 di SD N Jumeneng Mlati. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan sampel seluruh siswa kelas 5. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan
inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model PBL efektif dalam
meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berfikir kreatif mata pelajaran PAI kelas
5 di lihat dari kenaikan persentase motivasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar
17,86%, sedangkan dari siklus II ke siklus III sebesar 10,71% dan kenaikan persentase
berfikir kreatif dari siklus I ke siklus II sebesar 35,71%, sedangkan dari siklus II ke siklus
III sebesar 28,57%. (2) Rata-rata motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 60,61
dan pada siklus III sebesar 67,21, yang berarti meningkat sebesar 6,61. Rata-rata berpikir
kreatif peserta didik pada siklus I sebesar 55,21 dan pada siklus III sebesar 66,42, yang
berarti meningkat sebesar 11,21. Efektivitas keberhasilan tersebut diperoleh dari kriteria
keberhasilan yang ditetapkan apabila 75% atau lebih peserta didik telah mencapai skor
motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada kategori tinggi. Motivasi belajar
dan kemampuan berfikir kreatif siswa meningkat setelah menggunakan model
pembelajaran PBL.