Show simple item record

dc.contributor.authorAflah, Mohammad Rizal Ahnafi
dc.date.accessioned2024-06-24T04:41:09Z
dc.date.available2024-06-24T04:41:09Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50237
dc.description.abstractAnak dengan hambatan pendengaran adalah anak dengan gangguan pendengaran. Meskipun demikian, anak dengan hambatan pendengaran memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam pendidikan umum maupun pendidikan agama. Salat adalah salah satu materi pendidikan Islam yang penting untuk dipelajari oleh seluruh muslim termasuk anak dengan hambatan pendengaran. Hal yang menarik untuk dikaji adalah ketika pembelajaran salat yang ada di Pondok Pesantren Tuli Hibatullah diajarkan pada anak dengan hambatan pendengaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode dan hasil pembelajaran salat bagi anak dengan hambatan pendengaran di Pondok Pesantren Tuli Hibatullah. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, pendidik dan wali santri. Penentuan subjek penelitian dilaksanakan memakai teknik purposive berjumlah 4 orang informan. Metode pengumpulan data memakai metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah sebagai berikut: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, metode pembelajaran salat yang dipakai oleh pendidikan dan orangtua santri yaitu metode ceramah, demonstrasi, pengulangan, pembiasaan, keteladanan, tanya jawab, dan metode A MA BA. Kedua, metode pembelajaran yang dipakai memberikan hasil yang baik sesuai dengan kemampuan masing-masing santri diantaranya anak mampu melaksanakan salat dengan gerakan sesuai sunnah mulai dari takbirotul ikrom sampai salam. Anak juga mampu melaksanakan salat dengan mandiri, baik salat wajib maupun salat sunnah. Selain itu anak juga mampu menghafal dan mengucapkan bacaan salat mulai dari doa iftitah sampai doa tahiyat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode pembelajaranen_US
dc.subjectsalaten_US
dc.subjecthambatan pendengaranen_US
dc.titleMetode Pembelajaran Salat Bagi Anak Dengan Hambatan Pendengaran Di Pondok Pesantren Tuli Hibatullah Bantulen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM21913043


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record