Show simple item record

dc.contributor.authorMarwanti
dc.date.accessioned2024-06-24T01:47:52Z
dc.date.available2024-06-24T01:47:52Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50184
dc.description.abstractEpisode Merdeka Belajar ke-15 tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar dimaksudkan untuk mengatasi Learning Loss di Indonesia. Pengembangan karakter dan softskills melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah karakteristik dari Kurikulum Merdeka. Pada implementasinya, P5 masih menimbulkan kebingungan karena adanya satu jam pelajaran PAI yang masuk dalam P5. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang prose pelaksanaan PAI dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila . Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis konteks, masukan, proses, dan produk proses pelaksanaan PAI dalam P5 di jenjang sekolah dasar di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP ( Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1). evaluasi konteks yaitu kebijakan kurikulum Merdeka terkait P5, tujuan pelaksanaan P5, pemahaman kepala sekolah tentang langkah- langkah P5, pemahaman guru dalam tim P5 tentang pelaksanaan P5, pemahaman guru PAI tentang perannya dalam pelaksanaan P5 sebagian terpenuhi. 2) Evaluasi input yang terdiri dari Kepala sekolah, tim fasilitator dan Guru PAI sebagian terpenuhi. 3) Pada evaluasi input yaitu: perencanaan P5, jadwal pelaksanaan P5, pelaksanaan peran tim fasilitator dalam projek, pelaksanaan peran GPAI dalam projek, proses pelaksanaan PAI dalam projek, pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada, hambatan yang dijumPAI dalam pelaksanaan projek, dan proses P5, sebagian terpenuhi. 4) Pada evaluasi produk yaitu ketercaPAIan tujuan PAI dalam P5 dan relevansi proses dengan ketercapaian tujuan semua terpenuhi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectProses Pelaksanaan PAIen_US
dc.subjectProjek Penguatan Profil Pelajaren_US
dc.subjectPancasilaen_US
dc.titleEvaluasi Proses Pelaksanaan PAI dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD di Bantulen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM21913055


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record