Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Terhadap Peran Media Sosial dalam Pencapaian Kompetensi Dokter
Abstract
Latar Belakang: Media sosial menjadi platform yang digunakan oleh mahasiswa
dalam aktivitas sehari-hari. Media sosial juga terlibat dalam pencapaian
kompetensi dokter melalui proses manajemen pengetahuan dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi mahasiswa mengenai peran
media sosial dalam pencapaian kompetensi dokter.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
fenomenologi. Responden penelitian berasal dari mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Islam Indonesia Angkatan 2020. Pemilihan responden menggunakan
sampling variasi maksimal. Sampel sebanyak 3 kelompok yang dibagi
berdasarkan rentang IPK dari IPK <2,5; IPK 2.5 s.d. 3,5; dan IPK >3,5. Data
diambil melalui proses wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan
analisis tematik.
Hasil: Terdapat total 9 responden yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil
penelitian dikelompokkan dalam 5 tema besar. Tema ini mencakup pemahaman
dan persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dokter, upaya penguasaan
kompetensi dokter, perilaku penggunaan media sosial oleh mahasiswa, peran
media sosial dalam pembelajaran, dan pertimbangan pemilihan media sosial
sebagai sumber belajar oleh mahasiswa.
Kesimpulan: Media sosial berperan dalam pencapaian kompetensi dokter
sebagai media penunjang pembelajaran dan sumber belajar. Dalam penggunaan
tersebut, mahasiswa merasakan dampak positif berupa kemudahan akses
informasi dan ketersediaan informasi yang bervariasi dan tantangan berupa risiko
distraksi dan isu mengenai validitas informasi.
Collections
- Medical Education [2418]