Pengembangan Aplikasi Gamifikasi Untuk Materi Bangun Datar Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Matematika berperan penting dalam pendidikan sebagai pembentuk pola pikir dan sikap.
Namun, tantangan dalam mengajarkan matematika di sekolah adalah daya tarik materi dan
konsentrasi. khususnya materi bangun datar di sekolah dasar, berdasarkan studi kasus yang
diteliti. Penelitian ini mengembangkan model aplikasi pembelajaran berbasis WEB yang
mengintegrasikan mekanisme gamifikasi untuk materi bangun datar pada sekolah dasar kelas
5. Hasil uji black box menunjukkan hasil 100% valid berdasarkan pengujian dengan guru
matematika mereka menguji untuk akun guru serta akun siswa. Aplikasi ini memiliki fitur
untuk guru yaitu membuat materi, membuat soal latihan, dan memberikan hadiah kepada siswa,
untuk akun siswa yaitu membaca materi, mengerjakan soal, menukarkan hadiah. Sehingga
gamifikasi tentang pembelajaran matematika dapat berjalan pada aplikasi berbasis WEB
dengan baik. Gamifikasi digunakan pada evaluasi pengerjaan tugas, elemen yang digunakan
berupa point, badges, leaderboard, level, challenge, dan avatar.
Berdasarkan pengujian System Usability Scale, hasil uji skalabilitas sistem, responden guru
mencapai 94%, untuk pengujian responden siswa ditemukan bahwa terdapat sedikit penurunan
dari 95,5% menjadi 93,6%.
Aplikasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi bangun datar tapi
juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar mereka. Ini menunjukkan potensi
gamifikasi sebagai alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di
sekolah dasar.
Collections
- Informatics Engineering [2182]