Show simple item record

dc.contributor.authorSetiaji, Danu Firman
dc.date.accessioned2024-06-20T03:26:51Z
dc.date.available2024-06-20T03:26:51Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50097
dc.description.abstractModel pembelajaran konsiderasi dan pentingnya penenaman karakter kepada peserta didik. Model pembelajaran konsiderasi adalah model pembelajaran yang menekankan peserta didik sikap dan tingkah laku sebagai hasil belajar serta adanya proses perubahan dalam sikap dan akhlak yang lebih baik. Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research), Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Informan penelitian ini kepala madrsah Al-Wahyu, dan guru akidah akhlak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi model konsiderasi pada mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan pemahaman dan karakter peserta didik dari penerapan pembelajaran konsiderasi dalam pelajaran akidah akhlak. Dalam berbagai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru MIS Al-Wahyu menjalankan dengan baik untuk meningkatkan pemahaman dan karakter peserta didik. Seorang Guru menunjukan strategi, teknik, dan model pembelajaran yang selaras denga model konsiderasi untuk meningkatkan pemahaman dan karakter peserta didik (2) nilai-nilai hasil pembelajaran akidah akhlak setelah menggunakan model konsiderasi di MIS Al-Wahyu Cibubur cukup memuaskan. Pembelajaran akidah akhlak dengan mnerapkan model konsiderasi membuat peserta didik semakin aktif dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru akidah akhlak. Peserta didik juga mampu mengamalkan apa yang mereka dapatkan dalam proses pembelajaran akidah akhlak berlangsung di dalam kelas. (3) Faktor yang mendasari implementasi model konsiderasi pada mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan pemahaman dan karakter peserta didik terdiri dari berbagai faktor: a) faktor guru, faktor kerjasama orang tua, faktor masyarakat dan Kerjasama Lembaga.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Konsiderasien_US
dc.subjectPemahaman dan Karakteren_US
dc.subjectPserta Didiken_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Konsiderasi untuk meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-wahyu Cibuburen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM21913101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record