Show simple item record

dc.contributor.authorMillah, Shihabul
dc.date.accessioned2024-06-20T03:20:24Z
dc.date.available2024-06-20T03:20:24Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50096
dc.description.abstractPada suatu program pembelajaran pasti akan dilakukannya evaluasi. MA AlMuthohhar miliki program pembelajaran ilmu faraid yang dijadikan sebagai mata pelajaran muatan lokal. Akan tetapi, ada kesenjangan hasil nilai akhir dari program tersebut, siswa yang berlatar belakang pondok pesantren miliki nilai tinggi dan siswa yang berlatar belakang non pesantren memiliki nilai rendah. Maka, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hasil evaluasi dari pembelajaran ilmu faraid di MA Al-Muthohhar dengan model CIPP. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Jenis penelitian ini yaitu lapangan sehingga data diambil dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara sehingga ditemukan semua aspek mengenai CIPP. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks pada pembelajaran ilmu faraid di MA AlMuthohhar dapat dikatakan sangat baik, dikarenakan latar belakang pembelajaran ilmu faraid didasari dengan adanya keinginan masyarakat dan ilmu faraid dijadikan sebagai program unggulan pada Pondok Pesantren Al-Muthohhar. Kemudian pada evaluasi input dalam pembelajaran ilmu faraid di MA Al-Muthohhar ini cukup baik, namun ada aspek jika dikembangkan akan jauh lebih baik yaitu pada bahan ajar yang digunakan, bahan ajar berupa buku/kitab berbahasa sunda dan ditulis dengan arab pegon dan inilah yang menjadikan para siswa kesulitan dalam membaca serta memahaminya, kemudian pada aspek jam pelajaran yang kurang sehingga mempengaruhi dalam hasil pembelajaran. Pada aspek proses ada komponen jika dikembangkan akan lebih baik seperti halnya media pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran masih berupa buku bahan ajar, sedangkan pada saat ini sudah banyak media pembelajaran seperti software/website yang memudahkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya pada aspek produk dapat dikatakan sudah sangat baik, dikarenakan adanya latihan harian hingga ujian akhir dan hasilnya di kumulatifkan, serta ketercapaian pembelajaran ilmu faraid yaitu 85%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi CIPPen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectIlmu Faraiden_US
dc.titleEvaluasi Model Cipp Pada Pembelajaran Ilmu Faraid Sebagai Mata Pelajaran Muatan Lokal di MA Al-Muthohhar Purwakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM21913108


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record