dc.description.abstract | Setiap makhluk yang hidup pasti akan melakukan sebuah kegiatan atau melakukan
tindakan, untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik maka perlu yang namanya sebuah
kesiapan, baik secara fisik, psikis maupun yang lainnya. Karena dengan mempunyai kesiapan,
pasti kegiatan yang di lakukan dan di ikuti akan berjalan dengan baik dan nantinya akan
menunjang pada hasilnya juga. Seperti contohnya kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran
di kelas, jika siswa tersebut mempunyai kesiapan denga baik maka kualitas dan prestasinya pun
juga akan baik.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah di usia anak kelas 1 dan
kelas 2 Sekolah Dasar sudah mempunyai kesiapan untuk mengikuti pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di sekolah, dan apakah kesiapan tersebut sesuai dengan kualitas dan prestasinya.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan datanya
menggunakan angket, wawancara dan observasi, dengan jumlah responden 60 siswa/i, dan di
perhitungannya di bantu dengan program SPSS 21 untuk menjawab rumusan masalah yang di
ajukan peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa/i kelas 1 dan 2 telah mempunyai kesiapan
untuk mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, dan kesiapan tersebut sesuai
dengan kualitas serta prestasinya, kesiapan, kualitas maupun prestasi siswa/i di SD Candirejo
termasuk dalam kategori sedang atau sudah bisa dikatakan baik. | id |