dc.description.abstract | penelitian ini, bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah gim edukatif berbasis
Android yang diberi nama "Math Runner" untuk siswa Sekolah Dasar kelas 3 sebagai alat bantu
pembelajaran matematika. Fokus utamanya adalah pada perancangan gim berjenis endless
running yang menggabungkan unsur permainan dan konsep matematika. Melalui
pengembangan gim ini, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap
matematika dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.
"Math Runner" dirancang dengan menggunakan platform Android dan menghadirkan
lingkungan bermain yang dinamis, di mana siswa dapat belajar konsep matematika sambil
bermain. Konsep endless running dipilih sebagai kerangka utama gim ini, di mana siswa akan
berlari melewati rintangan dan mengumpulkan elemen-elemen matematika, seperti angka,
operasi matematika dasar, dan teka-teki numerik. Penelitian ini juga akan mengevaluasi
usability gim menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk memastikan interaksi
yang baik antara gim dan pengguna, terutama para siswa.
Diharapkan bahwa "Math Runner" tidak hanya akan menjadi sebuah gim edukatif yang
menghibur, tetapi juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika
dasar. Melalui desain yang menarik dan interaktif, gim ini diharapkan mampu memberikan
pengalaman belajar yang menyenangkan, menjadikan pembelajaran matematika lebih
menyenangkan, dan meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. | en_US |