dc.description.abstract | Penelitian ini mengkaji tentang analisis pengucapan terima kasih dalam etika
bisnis Rasulullah serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Rumusan
masalah yang digunakan adalah apa dampak pengucapan “Terima Kasi” terhadap
loyalitas pelanggan pada toko ritel berjejaring di kecamatan
Pasongsongan,Sumenep. Dan bagaimana implementasi etika bisnis menurut
Rasulullah SAW. Tujuan yang diharapkan penulis terhadap pembaca dalam
penelitian ini adalah mengetahui dampak yang terjadi dari pengucapan “Terima
Kasih” terhadap loyalitas pelanggan pada toko ritel berjejaring di kecamatan
Pasongsongan, Sumenep mengetahui dan mengkaji pengimplementasian etika
bisnis menurut Rasulullah di dalam bisnis ritel, Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adala metode penelitian kualitatif yang memerlukan proses
reduksi yang berasal dari observasi, dokumentasi dan wawancara atau sejumla
dokumen. Sehingga, hasil dari penelitian ini adalah dampak yang dirasakan oleh
pelanggan ketika mendapat ucapan apresiasi “Terima Kasih” yang diberikan oleh
kasir setelah melakukan transaksi belanja yait pelanggan merasa nyaman, senang,
memberikan kesan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan menjadikan
pelanggan sebagai pelanggan tetap. serta dalam mengimplementasikan etika bisnis
menurut Rasulullah SAW tersebt yait dengan cara: membiasakan pemberian capan
apresiasi kepada “terima kasih” kepada pelanggan, melakkan pelayanan yang baik
dan sopan kepada pelanggan, dan mengtamakan sikap kejjran karena hal tersebt
merupakan hal penting yang perlu penerapannya dalam bisnis agar bisnis tersebut
dapat dikatakan bisnis yang baik dan bagus. | en_US |