dc.description.abstract | Latar Belakang: Anak usia sekolah merupakan masa-masa terbaik untuk
menanamkan pengetahuan tentang kesehatan dalam hidupnya. Salah satu upaya
yang dapat dilakukan yaitu menyediakan program pelayanan kesehatan di
lingkungan sekolah yaitu Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Pelaksanaan program
kerja UKS di SD yang dinaungi oleh wilayah kerja Puskesmas Tempuran masih
kurang baik, sehingga peneliti bermaksud untuk mencari akar masalah yang terjadi
dan membantu dalam proses persiapan.
Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan desain
studi kasus. Penelitian kualitatif merupakan data yang disajikan dapat
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang
menjadi informan dan perilaku yang diamati. Data diperoleh dengan melakukan
wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi untuk mengevaluasi
pelaksanaan program UKS di Sekolah Dasar (SD) wilayah kerja Puskesmas
Tempuran Kabupaten Magelang
Hasil: Pelaksanaan program UKS di SD wilayah kerja Puskesmas Kecamatan
Tempuran sudah terlaksana dengan baik hanya saja belum maksimal 100%.
Pelaksanaan program UKS di SD wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Tempuran
didukung oleh sumber daya manusia, pendanaan yang tercukupi, sarana
prasarana, dan pedoman atau SOP untuk menjadi acuan pelaksanaan. Seluruh
komponen yang terlibat bekerja dengan baik dalam pelayanan, monitoring dan
evaluasi.
Kesimpulan: Keberhasilan pelaksanaan program UKS di SD wilayah kerja
Puskesmas Kecamatan Tempuran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu terkait
sumber daya manusia yang terlibat, pendanaan yang tercukupi, tersedianya
sarana prasarana, dan pedoman untuk acuan pelaksanaan. Selain itu,
keberhasilan pelaksanaan dapat dilihat dari kesadaran akan pelaksanaan program
UKS di Sekolah Dasar | en_US |