dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan celebrity
endorsement terhadap minat beli produk kosmetik lokal. Hipotesis yang diajukan
memprediksi adanya korelasi positif antara self esteem dengan minat beli, dan korelasi
positif antara celebrity endorsement dengan minat beli. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Jumlah responden
pada penelitian ini sebanyak 197. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Rosenberg
Self Esteem (RSES) yang diadaptasi dalam Bahasa Indonesia oleh Maroqi (2018),
VisCAP Model yang diadaptasi dalam Bahasa Indonesia oleh Dewa (2018), dan
Ferdinand yang diadaptasi dalam Bahasa Indonesia oleh Salim dan Widaningsih (2017).
Data analisis menggunakan metode analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa self esteem tidak memiliki korelasi positif terhadap minat beli
(Sig.(2-tailed)=0.256>0.05), sedangkan celebrity endorsement berkorelasi positif
terhadap minat beli (Sig.(2-tailed)=0.000<0.05). | en_US |