Usulan Rancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Swot dan Business Model Canvas (Studi Kasus: Saisons Coffee)
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada UMKM di bidang kuliner khususnya minuman kopi yang
bernama Saisons Coffee yang dibentuk sejak 2021. Saisons Coffee yang beralamat di Jl.
Sultan Ageng Tirtayasa, Kedungdawa, Kec. Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Dengan adanya pesaing baru yang bermunculan membuat penjualan dari Saisons Coffee
menurun drastis. Salah satu kompetitor yang terdekat dari Saisons Coffee adalah Oksigen
Cafe. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh strategi pemasaran yang tepat untuk Saison
Coffee dalam menghadapi permasalahan yang ada. Fokus tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahu kekuatan dan kelemahan dari Saisons Coffee dan Untuk mengetahui usulan
rancangan strategi pemasaran yang tepat untuk Saisons Coffee. Pengambilan data pada
enelitian ini dilakukan melalui studi pustaka, observasi lapangan, wawancara dengan pemilik
Saisons Coffee. Setelah dilakukan pengolahan data hasil dari penelitian ini menunjukan
kekuatan dari Saisons Coffee yaitu variabel Lokasi tempat usaha, Variasi produk, Memiliki
tempat yang luas dan Kualitas kopi. Sedangkan untuk kelemahan dari Saisons Coffee adalah
Branding yang belum optimal, promosi belum optimal, daya saing produk masih lemah dan
ciri khas produk. Berdasarkan hasil skema kerja empat langkah Blue Ocean Strategy yaitu
untuk faktor yang dihapuskan tidak ada, faktor yang dikurangi tidak ada, faktor yang
ditingkatkan ialah “ Promosi, Branding dan Ciri khas produk” sedangkan untuk faktor yang
diciptakan ialah Mengkombinasikan produk kopi susu dengan sirup tjampoelay pisang susu
dan Mengadakan acara rutin mingguan “Sunday morning ride with Saisons Coffee”.
Diharapkan dengan adanya penelitian ini, Saisons Coffee dapat meningkatkan strategi
pemasaran yang inovatif.
Collections
- Industrial Engineering [2289]