Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Materi Asam Basa Terhadap Prestasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI MA Sunan Pandanaran
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar
kimia siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran melalui penerapan model pembelajaran
Rotating Trio Exchange (RTE) pada materi asam basa 2) ada tidaknya perbedaan prestasi
belajar kimia siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran melalui penerapan model
pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) pada materi asam basa. Populasi yang
digunakan pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran tahun ajaran
2023/2024 yang berjumlah tiga kelas. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas
yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data
menggunakan statistika nonparametik uji Mann-Whitney U untuk variabel prestasi
belajar dan uji parametik Independent Sample T Test untuk variabel kemandirian belajar.
Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak adanya perbedaan yang signifikan pada penerapan
model pembelajaran Rotating Tri Exchange (RTE) terhadap prestasi belajar siswa pada
materi asam basa kelas XI MA Sunan Pandanaran 2) tidak adanya perbedaan yang
signifikan pada penerapan model pembelajaran Rotating Tri Exchange (RTE) terhadap
kemandirian belajar siswa pada materi asam basa kelas XI MA Sunan Pandanaran.
Collections
- Chemistry [585]